Senin, 27 Oktober 2008

Aneka Ria Safari

Aneka Ria Safari adalah variety show unggulan di TVRI di tahun 1980-an. Idenya lahir dari tangan dingin Eddy Sud, saat bertemu dengan Menteri Penerangan, waktu itu Ali Moertopo. Dasarnya, keprihatinan pada nasib musik Indonesia yang kalah terus dalam bersaing dengan lagu-lagu Barat. Lalu muncul acara Aneka Ria Safari. Prioritas diberi kepada kelompok Artis Safari. Namun kelanjutannya memang menjadi sangat lain. Sudah tidak jelas mana yang anggota Artis Safari, mana yang rekanan bisnis.

Organisasi Artis Safari dibentuk Eddy Sud tahun 1971 bersama Bing Slamet, Bucuk Soeharto (ketua Departemen Seni dan Budaya DPP Golkar kala itu). Tujuannya, menghimpun artis yang mau diajak keliling daerah untuk berkampanye. Kelompok ini konon punya peran besar bagi kemenangan Golkar. Karena itu Artis Safari tak pernah absen di setiap kampanye. Imbalannya: boleh tampil di acara Aneka Ria Safari TVRI.

Tak tahunya acara musik yang diberi nama Aneka Ria Safari itu sukses besar. Setiap pekan kehadirannya dinanti pemirsa TVRI -- satu-satunya stasiun teve yang ada hingga akhir 1980-an. Pemilik nama lengkap Eddy Sudihardjo itu makin terkenal. Sebagai koordinator Aneka Ria Safari Eddy otomatis dekat dengan artis pengisi acara. Salah satu yang dekat dengannya, Itje Trisnawati, artis pendatang baru dari Tasikmalaya yang kemudian menjadi pendampingnya. Nama Eddy pun terangkat oleh kesuksesan itu. Ia terpilih sebagai anggota MPR dari FKP periode 1987-1992.

Banyak artis-artis Indonesia tempo dulu yang namanya terangkat setelah tampil di pentas Aneka Ria Safari ini. Seperti Arie Wibowo, Ratih Purwasih, Meriam Bellina,  dan banyak lagi. Setelah belasan tahun menikmati masa jayanya, di tahun 90-an acara ini dihentikan. Ada tuduhan bahwa acara ini menjadi komersial. Karena konon untuk bisa tampil di acara tersebut sang artis harus menyetor sejumlah uang.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

jadi ingat masa dulu. Waktu itu nunggu arie wibowo nyanyi madu dan racun.

dhi mengatakan...

es a ef a er i ... safari ...safari ... (bacanya sambil dilagukan)

wong jowo mengatakan...

uhuk uhuk aku sempe tnonton aneka ria safari jg lho heheheh sm mas2ku kekekeke pake tv hitam putih yg kadang kolo kemresek kemepyur kekeke..salam kenal yo mas..aku yo wong jowo je hehe(sragen)

joe mengatakan...

wah, kita senasib dong. Malah aku lebih parah lagi, karena belum ada listrik jadi masih pakai aki. Pas lagi nonton, terus aki-nya habis...
Salam kenal juga...

yenni 'yendoel' mengatakan...

hahaha..dulu ini boleh dibilang satu2nya acara nyanyi di tivi, artis2 pada nongol. malam minggu kalo gak salah yah. heheheheh...

joe mengatakan...

Ya betul, malam minggu sehabis Dunia Dalam Berita, nyanyinya di panggung gitu terus pakai efek asap ...