Sabtu, 09 Mei 2009

Enny Arrow, Tentang Novel Stensilan yang Cabul


Di tahun 1980-an tentu saja belum dikenal internet di Indonesia, juga belum ada teknologi bernama telepon genggam yang juga membawa sisi negatif maraknya film-film berdurasi pendek yang biasanya mempunyai penggemar sendiri. Film-film biru yang masih dikemas dengan format video juga hanya beredar di kalangan atas saja. Lalu dari manakah para remaja-remaja masa dekade 80 memperoleh referensi tentang seks?

Jawabannya adalah dari novel-novel stensilan atau Enny Arrow, yang biasa dijajakan secara sembunyi-sembunyi di antara para pedagang koran, kios-kios buku bekas atau lapak-lapak buku kaki lima. Ada banyak nama pengarang yang dikenal menyuguhkan cerita-cerita dewasa tersebut namun yang paling terkenal adalah Enny Arrow.

Siapakah Enny Arrow? Tidak ada yang tahu siapa sebenarnya di balik nama tersebut. Yang jelas Enny Arrow hanyalah sebuah nama samaran, sebelum kemudian banyak pengarang-pengarang lain yang kemudian menjadi epigonnya dengan ikut-ikutan menggunakan nama tersebut demi mendongkrak ‘rating’.

Novel-novel karangan Enny Arrow memang begitu vulgar dan hanya mengekspos segala kebinalan seks secara terang-terangan. Sudah tentu novel-novel Enny Arrow tidak mempunyai tema atau jalan cerita yang jelas, karena memang penulisan novel stensilan ini tentunya memang dimaksudkan hanya untuk menggugah syahwat pembacanya.

Dan sudah barang tentu tidak bertujuan menyimbolisasikan apa-apa selain menyuguhkan fantasi aktivitas seksual yang badaniah itu sendiri, kendatipun fakta bahwa teks-teks demikian itu ada dan beredar secara sembunyi-sembunyi di tengah masyarakat mungkin bisa menyiratkan kenyataan tertentu di luar teks, semacam berlangsungnya represi moral yang terlampau berlebihan atas kehidupan seksual masyarakat, adanya kemunafikan sosial yang terpendam, serta pelecehan diam-diam atas nilai-nilai yang berlaku.

Pengarang juga tidak jarang menyebutkan secara eksplisit organ-organ anatomi manusia, dengan tujuan apalagi kalau bukan untuk membangkitkan syahwat pembacanya, dengan bahasa yang vulgar dan hiperbolis. Sehingga sempat beredar semacam joke, bahwa sesungguhnya pengarangnya sendiri malah belum pernah melakukan hubungan seks. Penggemarnya tidak hanya anak-anak SMP atau SMA yang memang secara alamiah mempunyai rasa penasaran yang tinggi tentang seks, namun juga di kalangan dewasa tanpa terkecuali.

Namun tentu saja seiring dengan perkembangan jaman, setelah maraknya internet, yang termasuk menjajikan kemudahan tanpa batas untuk mengakses pronografi, secara perlahan-lahan Enny Arrrow dan karya-karyanya mulai ditinggalkan penggemarnya. Dan hingga kini pun misteri di balik nama Enny Arrow tetap tidak terkuak. Pernah tersiar kabar, pada akhir tahun 2000 seseorang bernama Suwarto yang tertangkap polisi bersama-sama dengan ribuan kopi cetakan stensilan dianggap sebagai orang di belakang Enny Arrow, namun hingga sekarang tidak ada kabarnya.

Namun demikian, meski diedarkan secara underground, namun novel-novel Enny Arrow ternyata sangat populer. Sebuah survei yang dilakukan majalah "Men's Health” edisi Indonesia pada tahun 2003 pernah mengungkapkan, membaca karya Enny Arrow/stensilan menjadi sumber pertama pengetahuan tentang seks pada 17,2 % respondennya.

137 komentar:

senoaji mengatakan...

BWAKAKKAKAKAKK!!! sungguh aku lagi nyari buku itu, kenapa karena itu salah satu saksi bisu perkembangan stensilan di Indonesia BWAKAKKAKAKKK!!! (ngakak wajib)

joe mengatakan...

sayangnya sekarang sudah punah boss, sudah tidak ada lagi. Kalah sama situs-situs porno yang bertebaran di internet...

annosmile mengatakan...

saya belum baca novelnya
mungkin kamu bisa meminjamkan novel itu kepada saya
he3x..
zaman 80an saya belum lahir
wkwkwkwk...

Quinie mengatakan...

hoh? ada ya? sayah ga tau tuh... jaman duyu sayah suka baca2 buku di gramed

Paman Gober Jualan VCC mengatakan...

Wah ga tau neh yang namanya Enny Arrow... soalnya saya lahirnya ajah taon 87.. ehehhe

casual cutie mengatakan...

haha..casual cutie ga tau kalo ada buku kaya gitu. dimana belinya bang??? masih ada ga stoknya??

buJaNG mengatakan...

Wah saya belum pernah baca buku ini... Si OM dah pernah baca belum....?

Meidy mengatakan...

ketauan deh, pasti masih nyimpen bukunya ya.. dan pasti juga halaman2 penting udah ditandai, wekekeke..

brown sugar mengatakan...

Kekekeke...Enny Arrow dah jadi kakek nenek itu mas....
Udah diganti ama 17 tahun dot com.....kwakakakaka

mascayo mengatakan...

hehehe .. saya sempet tuh baca ..
duh.. jaman doeloe .. adaaa aja yaa :)

riosisemut mengatakan...

Sepertinya Semut pernah denger namanya.

Itik Bali mengatakan...

Novel ini ada pada saat aku belum lahir
gimana dong?
kayanya perlu juga buat pendidikan biologi ya..

@ Coy mengatakan...

jadi pingin baca ehheh...

suryaden mengatakan...

jangan-jangan sampeyan mas... hahaha

gdenarayana mengatakan...

wah, meskipun saya lahir taon 80-an yo kok ndak tahu ada setensilan...wkwkwkwk, apalagi namanya itu lohhh...ini aja baru tahu sekarang..heheheh..maklum mas, di bali katrok banget saya nie...apalagi klo saya disono :D

ou itu novel apa buku cerita mas?binun nie :D

Jaya mengatakan...

Saya pernah baca novel yang sedikit vulgar itu karangannya Fredy S... taon berapa itu ya...
Itupun nemu di tempat sampah...

andrie callista mengatakan...

wah... belum pernah liat bukunya nih...

spydeeyk mengatakan...

wah.. baru tahu nich...

sukarnosuryatmojo mengatakan...

mas Joe, selain Enny Arrow ada satu lagi : Nick Carter, ini mirip2ames bond gitu.Dia agen rahasia AXE codename N3, senjatanya pistol colt 16 peluru semi otomatis
dan selalu ada cewek di setiap misinya, dan ini yg sll bikin deg2n membacanya...karena sembunyi2 takut ketahuan org tua. Nick Carter versi stensilan... dari awal sampe akhir isinya gituan mulu.

joe mengatakan...

Novel-novel serial Nick Carter banyak beredar dalam versi terjemahan bahasa Indonesia. Isinya adalah kisah petualangan seorang spion bernama Nick Carter yang mengingatkan kita pada tokoh James Bond 007. Dalam tugas-tugasnya, Nick biasanya berkenalan dengan seorang wanita cantik, dan perkenalan itu lazimnya lantas berakhir di atas ranjang.

Di Indonesia Nick Carter beredar dalam dua versi, yakni versi terjemahan resmi dan versi stensilan. Untuk yang ke dua biasanya adegan ranjangnya ditambah-tambahi sendiri oleh penterjemahnya sehingga mirip cerita dalam Enny Arrow

Jingga mengatakan...

Enny Arrow...iyah dulu pernah baca buku punya temanku....bacanya pake sembunyi2..wkwkwkwk..jd malu nh...

aprillins mengatakan...

sumber pertama pengetahuan tentang seks pada 17,2 % respondennya.. wow boleh juga neh sampai disurvei sama Men's Health..

bocahiseng mengatakan...

kayanya menggoda dehh novelnya ? xixixi tapi emang lom pernah denger sihh novelnya, sayang yahh udeh gak ada lagi

harry seenthing mengatakan...

hueheheheheheh....jadi inget ama pengalaman ncex ndulu waktu di SD hueehehehehe

joe mengatakan...

wah, masih SD sudah baca enny arrow? hebat benar...

TRIMATRA mengatakan...

hihihikkkk...jadi inget dulu waktu SMU klo ada yang bawa anyarrow kelas jadi heboh...., pas waktu istirahat ga ada yg keluar kelas tapi pada ngumpul baca bareng2...wekekeke,

buwel mengatakan...

kakakakakakak...
kalo nyebut E.A ini inget waktu smp nih.....
hmmmmmmmmmmh.......emang waktu itu E.A terkenal banget yak...

nurannisaa7 mengatakan...

wahhh... abru tau niih..
tapi novel2 cabul kek gitu yang asli buatan indonesia juga banyak kan??

bunda mengatakan...

wah gak tahu nama itu jadi no comment aja deh

Daniel Mahendra mengatakan...

Wih, aku kok suka ya blog ini. Yang diceritakan banyak yang betul-betul kualami sendiri.

80-an? Aih... Seperti menemukan kawan lama masuk ke blog ini. Thanx.

Guru Indonesia mengatakan...

email saya ya. saya juga pengen punya komunitas blogger di pacitan.

jimmy mengatakan...

hehehe jadi inget jaman dulu nih :D

Anton mengatakan...

He he he eny ero bacaan remaja badung saat itu, aku pertama kali membaca eny ero saat sudah sekolah di STM ... He he he anak STM yang jarang ada cewek nya

suwung mengatakan...

sering liat temen sma baca buku pelajaran yang dalemnya ada buku ini dah lusuh pula

taufikasmara mengatakan...

Hehehe.. jadi mau.. eh jadi malu maksudnya...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

enny error kali ya? error soalnya. he he he..cewek apa cowok ya si Enny ini? kalo nama samaran bisa cowok juga lho.

ceznez mengatakan...

klo saya hampir gak pernah baca novel sih.. gak tau menau soal dia mas... :)

reni mengatakan...

Kok aku gak pernah dengar nama itu ya, mas ??

joe mengatakan...

sekarang sudah dengar kan mbak?

fraders mengatakan...

ooo..

belum pernah tau seeh bukunya orang itu...

memangnya isinya mantap ya..?

wahyu ¢ wasaka mengatakan...

Jyah... jadi ingat jaman remaja dulu :)).

Bener banget tuh... kita sering sembunyi2 beli buku kek gtu... baca nya juga sembunyi2

bayu mukti mengatakan...

wah ga pernah tau buku ini :D heheheh

xitalho mengatakan...

Bwakakakak.... jadi inget gara-gara baca novel Enny Arrow dikelas...aku kena strap guru bahasa Inggris...wekekeke (doh) malune rek...

Ngatini mengatakan...

hhhmmmm... menarik... cari ah... gimana kalo minta aja??

^3^ mengatakan...

hweekeke...jadi inget temen smp gw dulu E.A mania , yang ngarang dah mati kali mas...
salam kenal,

rayearth2601 mengatakan...

sapa tuh ya arrow ???

gak kenal, wkwkwkwk

hamka mengatakan...

saya juga belum pernah membacanya,

BrenciA KerenS mengatakan...

taun segitu masih maen di Tk sama minum dot..

novel apaan seh tuh?

@ Coy mengatakan...

blm da postingan baru nih?..

anak nelayan mengatakan...

waduh gak kenal saia..cari2 dolo ahh

dwinacute mengatakan...

tau E.A pas SMA. aslinya gak tau ce pa co nya pengarangnya.
tapi gak tau banyak sih, cuma denger2 aja dari kakak kelas

@kang buwel: kebuka deh rahasianya haiahahahhaha

dwinacute mengatakan...

balik lagi nih

segera ketempatku. kupu2 ku sedang gelisah dibalik mimpi yang tak nyata.lah mimpi emang gak nyatakan wekekekekke

Ade mengatakan...

sering denger dulu waktu sekolah.. hehehehe cuman ga ada yang mau minjemin saya euy :-)

eel's mengatakan...

Tahun 80 an? waktu itu cuma punya majalah bobo sama Si kuncung hi hi...
Thx dah mampir di blogku...

kang tatang mengatakan...

wah jadi inget jaman lagi badung dulu nich :D

hi..hi....
salam
kangtatang

Anton mengatakan...

Mampir ... saja kok ... belum ada yang baru toh

Mbah Koeng mengatakan...

yang nulis nech salah satu penggemar novel2 nech to Mr ?!

joe mengatakan...

@ Anton:
Belum sempat bikin ni, lagi banyak kerjaan ...

RCO mengatakan...

Yaa pernah dengar, tapi belum pernah baca, skarang apa ada. Boleh juga....

Blogger senayan mengatakan...

salam kenal mas joe
wah blognya mantab ya
enny memang erowtis
hehee
tx

attayaya mengatakan...

nah ini yang paling seru

zenteguh mengatakan...

saya tak tahu harus bilang gimana karena sy smpat jd penikmat he..he..
eniwei, orang misterius ini melegenda ya mas..

sof mengatakan...

jadi inget masa kuliah... btw pengarangnya siapa ya...

Arip mengatakan...

He he he, sering pinjem juga tapi gak berani bawa ke rumah, bacanya di sekolahan pas pulang sekolah... :D

Mbah Koeng mengatakan...

iku rak bacaan paporitku karo mbah putri....

Linda Belle mengatakan...

mwhahahahah....
baca tulisan ini inget si senoaji cari2 enny arrow ampe di plurk segala hahahahah....

mhwhahahahah....yg komeng kebanyakan cowok semua...brati mrk pd baca yak huhuhuhu....tp aku gak bc kok :p

joe mengatakan...

Kamu ikutan komeng, berarti ikutan baca juga dong....!

sumo bawuk mengatakan...

yang gue inget dari Enny Arrow tuh istilah "menggelinjang"...hehehe...

yenni 'yendoel' mengatakan...

gak pernah tau enny arrow itu bukunya seperti apa. tapi pernah dengar jaman waktu SMA, katanya ada teman satu sekolah yang kena razia. Enny Arrow itu orang indo maksudnya?

joe mengatakan...

Enny Arrow cuma pseudo-name, nama pengarangnya sendiri tidak pernah terungkap, harap maklum novel underground

Anonim mengatakan...

luar biasa komen2nya bro,,

pasti sedikit yg komen dr kaum hawa yah?

nc post

Anonim mengatakan...

luar biasa komen2nya bro,,

pasti sedikit yg komen dr kaum hawa yah?

nc post

mussam mengatakan...

nih wa ada ebooknya
silakan sedot:

Bayangan maut di berlin - nick carter http://www.ziddu.com/download/2735122/NickCarter-BayanganMautdiBerlin.rar.html
Code:

formula ulrich - nick carter http://www.ziddu.com/downloadlink/2735141/NickCarter-FormulaUlrich.rar
Code:

neraka elsavador - nick carter http://www.ziddu.com/download/2735184/NickCarter-NerakaElsalvador.rar.html
Code:

operasi cointrin - nick carter http://www.ziddu.com/download/2735196/NickCarter-OperasiCointrin.rar.html
Code:

selembut sutra - enny arrow http://www.ziddu.com/download/2773732/Selembutsutra-annyarrow.pdf.html

buat nick carter bacanya pake windjvu
Code:

http://www.ziddu.com/download/2735208/WInDJVU.rar.html

coffeeoriental mengatakan...

waktu itu ada lihat bukunya di Gramed CitraLand.. temenku mau beli tapi nggak jadi. aku sih penasaran juga, tapi ntar deh aku cari lagi.

d3d1 mengatakan...

duh pengen ngenang masa dulu waktu masih sma, dari dulu gw pikir tuh si enny arrow siapa ya? yah abis hobby baca gituan sih

dafi ahmad mengatakan...

jd pgen ke kmr mndi haha

Anonim mengatakan...

bisa dapat dimana karyanya ini di dunia maya?

Anonim mengatakan...

bisa dapat dimana karyanya ini di dunia maya?

Cantika Cell mengatakan...

Jadi ingat waktu smpku 89-91... Aku juga sering baca... Dulu banyak dijual dibus campur ama buku tts ... Skrg jamannya vcd, hp dgn video, laptop dst...

tips beli rumah mengatakan...

gak pernah tahu dan gak pernah baca bukunya........siapa ya?

djgirlie mengatakan...

hm... kalau pingin liat novel stensilan masa kini banyak juga kok di blog2... kebanyakan memang gak memiliki tema dan jalan cerita karena tujuannya hanya mengumbar seks dan menggiring khayalan pembaca, tp ada juga penulis yang lumayan bagus dalam menuangkan karya stensilan ini menjadi tulisan yg mengalir dan memiliki jalan cerita...

coba check ke ninaalmeira.wordpress.com

Anonim mengatakan...

jadi keinget jaman jaman dipenghujung tahun 80 an, di kelas heboh pisan, keliatannya anak-anak pada diem semua, buku pelajaran dibedi ri in tau taunya dibalik buku pelajaran terpampang enny arrow wakakakakakak ooo ooo kamu ketauan lagi baca enny arrow

Anonim mengatakan...

membaca karya Enny Arrow/stensilan menjadi sumber pertama pengetahuan tentang seks pada 17,2 % respondennya. -> 82,8% lainnya gak mau ngaku! :-D

Terus terang gw cuman pernah sekali ngebaca EA, soalnya dulu kelewat culun aja sbg ABG... Tapi satu kosa kata paling berkesan yang gw inget dari EA: MENGGELINJANG!

Anonim mengatakan...

Kenangan menyusuri lorong2 di blok M :D

Anonim mengatakan...

Imajinasi memang lebih dahsyat daripada gambar/video jaman sekarang.

Anonim mengatakan...

buat tante di semarang yg pngen lebih dari cerita anny call me aja
081228336616
aq pasti puasin dech

Raha Mig33rz mengatakan...

dengar kabar ntu stensilan dari bandung ya? masa SMA sempat baca yg judulnya gadis binal, dapet minjem dari temen dgn kondisi lecek plus cover yg kumal....

yg diatas sm yg 2 di bwh ini aku malah blm baca ....

http://downloads.ziddu.com/downloadfile/14243654/EnnyArrow-Hari_Kelabu-BKZ-djvu.rar.html

http://www.ziddu.com/download/14243988/EnnyArrow-KutakKutikAsmara.rar.html

olo harahap mengatakan...

Pertama dgr E.A waktu sd,resmi membacanya waktu smp,selain E.A dulu ada jg kartu remi bergambar adegan sex.buku E.A itu tipis ada gambar sex hitam putih.terakhir baca waktu sma.kata2 dominan crott,ohh,ahh

restoran jepang mengatakan...

ane dah tobat masalah kaya begituan

aplikasi android mengatakan...

haha jadi inget tahun 80an wkwkwkkkk

tonosolo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
gghjgjjhj mengatakan...

wong edan kabeh

Anonim mengatakan...

gimana yg nulis ya, pasti ngeces melulu

Anonim mengatakan...

ambil ajja disini
http://kangzusi.com/Hotspot/HOTSPOT.htm

paijo mengatakan...

ono ono wae ... :)

Anonim mengatakan...

wah.. jadi ingat, kalo baca buku ini sambil ngumpet di WC. bukunya sih tipis mirip TTS.. jadi ngebacanya ngak sampai 15 menit udah klar... tapa ngayalnya lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

Goes Kota mengatakan...

hehehe...bacaan wajib saya tu waktu kelas 3 smp...emang top habis tu enny arrow jaman itu..kalo baca kita sembunyi2...baca dikamar sambil kunci pintu..hehehe

Ale si Zen mengatakan...

Pernah 1 kardus indomie ane bawa ke kampung buat dikasih ke sodara" ,,, kasian mereka biar pada ngerti sex secara dini ,,, hahahahahaha

Anonim mengatakan...

syet dah...masa lalu q bgt...
pertama kenal enny kyk beli narkoba gt...sembunyi2.. trus di selipin ke majalah laen. seru deh...itupun sewa. pernah aq beli, ...malah nyolong yg paling sering...(abis dana terbatas, libido tanpa batas...wkwkwkwk..)..pengen deh ke masa lalu...BNI 76

Anonim mengatakan...

Hurrah! Finally I got a weblog from where I can really obtain useful information regarding my study and
knowledge.

Feel free to surf to my web site; Cheap Jerseys

Anonim mengatakan...

Hi! I could have sworn I've been to this web site before but after browsing through some of the posts I realized it's new to me.
Regardless, I'm certainly happy I found it and I'll be bookmarking it and checking back frequently!


Here is my weblog: Louis Vuitton Outlet Online

Anonim mengatakan...

I'm extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it is rare to see a great blog like this one these days.

Take a look at my website ... http://www.converseshopfr.com/

Anonim mengatakan...

wonderful publish, very informative. I wonder why the other experts of this sector do not realize this.

You must continue your writing. I'm confident, you've a great readers' base already!

Here is my web-site :: Converse Pas Cher

Anonim mengatakan...

You really make it seem so easy with your presentation but I
find this matter to be really something that I think I would never understand.
It seems too complicated and very broad for me. I'm looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

my page Air Max 95

Anonim mengatakan...

This design is spectacular! You certainly know how to keep a reader entertained.
Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost.
..HaHa!) Fantastic job. I really loved what you
had to say, and more than that, how you presented it.

Too cool!

Visit my web page :: Air Max

Anonim mengatakan...

Hola! I've been following your website for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Lubbock Texas! Just wanted to say keep up the fantastic work!

Here is my website ... Air Max

Anonim mengatakan...

I always used to read piece of writing in news papers but now
as I am a user of internet therefore from now I am using net for content, thanks to web.


Also visit my blog; http://www.wheelhousebikes.com/

Anonim mengatakan...

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
I don't know who you are but definitely you're going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!


Also visit my blog post; Air Max

Anonim mengatakan...

Great article. I am going through a few of these issues as well.
.

Here is my web site :: http://wealthwayonline.com/

Anonim mengatakan...

I every time emailed this website post page to all my friends,
since if like to read it then my friends will too.

Feel free to visit my page ... Mario Lemieux Black Jersey

Anonim mengatakan...

Hi mates, how is the whole thing, and what you want to say on the topic of
this post, in my view its really awesome in support of me.


Feel free to visit my homepage; Sito Ufficiale Gucci Borse

Anonim mengatakan...

Hmm is anyone else experiencing problems with the pictures on this blog loading?
I'm trying to determine if its a problem on my end or if it's the blog.
Any suggestions would be greatly appreciated.

Feel free to visit my blog post :: Jordan Femme

Anonim mengatakan...

Hello! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on.
Any tips?

Here is my webpage: Abercrombie

Anonim mengatakan...

Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
I'll make sure to bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post. I'll definitely
comeback.

Also visit my weblog :: Sidney Crosby Black Jersey

Anonim mengatakan...

Hi there, yeah this post is truly good and I have
learned lot of things from it on the topic of blogging.
thanks.

My web blog ... Michael Kors Canada

Anonim mengatakan...

I know this web site gives quality based articles or reviews and extra material, is there any other web page which
gives such things in quality?

my web site www.explorethecapabilities.com

Anonim mengatakan...

Hello there! I simply wish to offer you a big thumbs up for the great info you have right here
on this post. I will be returning to your web site for more soon.


my weblog - visit this link

Anonim mengatakan...

Hello! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months
of hard work due to no back up. Do you have any solutions to stop hackers?



Feel free to visit my web page - Gafas De Sol Oakley

Anonim mengatakan...

Its not my first time to pay a visit this site, i am browsing this site dailly and take good facts from here everyday.


Also visit my web page - Sac Guess Pas Cher

Anonim mengatakan...

Thanks for every other informative web site.
The place else may I get that kind of information written
in such an ideal means? I've a project that I'm simply
now operating on, and I have been at the glance out for such information.


Have a look at my web site - Cheap Oakley Sunglasses

Anonim mengatakan...

If you wish for to obtain a great deal from this piece of writing then you have to apply such methods to your won webpage.


Here is my web site: Louis Vuitton Bags

Anonim mengatakan...

What's up mates, good paragraph and pleasant urging commented at this place, I am actually enjoying by these.

my blog: Michael Kors Canada

Anonim mengatakan...

Hi there i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read
this article i thought i could also make comment due to this sensible piece of writing.


Feel free to surf to my site; Wholesale Jerseys

Anonim mengatakan...

You're so cool! I don't think I've read through something like that before. So wonderful to find someone with some original thoughts on this subject matter. Seriously.. thank you for starting this up. This site is one thing that is needed on the web, someone with a bit of originality!

Feel free to surf to my web-site ... Louis Vuitton Outlet

Anonim mengatakan...

This design is steller! You most certainly know how to keep a reader entertained.
Between your wit and your videos, I was almost moved
to start my own blog (well, almost...HaHa!) Wonderful job.

I really enjoyed what you had to say, and more than that,
how you presented it. Too cool!

Here is my blog; Louis Vuitton Pas Cher

Anonim mengatakan...

Fantastic goods from you, man. I've be mindful your stuff prior to and you are simply extremely great. I really like what you've acquired here, certainly like what you are saying and the way
in which through which you are saying it. You're making it entertaining and you still take care of to keep it sensible. I can't wait to read far more from you.
This is really a great website.

Also visit my web page; Air Jordan 2013

Anonim mengatakan...

whoah this blog is great i like reading your
articles. Stay up the good work! You realize, lots of people are searching around for this info,
you can aid them greatly.

my webpage Evgeni Malkin Authentic Jersey

Anonim mengatakan...

Have you ever thought about creating an ebook or guest authoring
on other blogs? I have a blog centered on the same ideas you discuss and would really
like to have you share some stories/information. I know my audience would
appreciate your work. If you're even remotely interested, feel free to send me an email.

My website Air Jordan 2013

Anonim mengatakan...

I don't even know how I ended up here, but I thought this post was good. I do not know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!

My web blog ... Chaussure De Foot Pas Cher

Anonim mengatakan...

I’m not that much of a online reader to
be honest but your sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back in the future. Cheers

Visit my web site; NFL Jerseys Cheap

Anonim mengatakan...

I visited many sites except the audio quality for audio songs existing at this site is truly marvelous.



Also visit my web-site; Abercrombie Pas Cher

Anonim mengatakan...

I always spent my half an hour to read this webpage's posts daily along with a cup of coffee.

Feel free to surf to my blog post - Tory Burch Shoes

Anonim mengatakan...

Undeniably imagine that that you said. Your favourite reason seemed to be at
the net the simplest thing to bear in mind of.
I say to you, I definitely get irked at the same time as folks think about issues that they just do
not know about. You controlled to hit the nail upon the top and also outlined
out the whole thing without having side-effects , other folks could take a signal.
Will probably be back to get more. Thank you

Here is my webpage Nike air max

Anonim mengatakan...

I was very happy to discover this great site.
I need to to thank you for your time for this fantastic read!
! I definitely liked every bit of it and I have you saved as
a favorite to see new stuff on your website.

Also visit my weblog ... Boutique Guess

Anonim mengatakan...

I was very happy to discover this great site. I need to to thank you for your
time for this fantastic read!! I definitely liked every bit of it and I have you saved as a
favorite to see new stuff on your website.

Feel free to surf to my web-site - Boutique Guess

Anonim mengatakan...

Good post. I learn something totally new and challenging on blogs I stumbleupon on a daily basis.
It will always be interesting to read articles from other authors
and practice a little something from their websites.

Visit my homepage; additional info

PAK JONO DI ACEH mengatakan...

Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI





Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI