Jumat, 01 Mei 2009

Dewi dan Cipluk, Kisah Bayi yang Tertukar


Kemudian naluri keibuannya segera muncul melihat bayi perempuan yang masih merah itu menangis, pada suatu sore di Puskesmas Cilandak. Nuraini segera menyusuinya sampai bayi itu tertidur, kemudian dia menciumi lembut dan meletakkan dengan penuh kasih sayang di inkubator.

Namun yang terjadi kemudian sungguh di luar dugaan. Adalah pasangan suami istri Suripno dan Kartini yang merasa yakin bahwa bayi yang diambil dan disusui oleh Nuraini tadi adalah anaknya. Walau seorang perawat , Sri Maryati , membenarkan bayi di boks no 1 adalah bayi Kartini, Nuraini tetap yakin dengan pendiriannya. Nuraini mengaku melihat Maryati memindahkan bayinya dari inkubator ke boks nomor 1. Sementara Maryati mengatakan bayi itu dipindahkannya ke boks no 2.

Kasus bayi yang tertukar ini sempat berbuntut panjang, menghebohkan dan menyita perhatian masyarakat karena menjadi sorotan media massa di Indonesia pada akhir tahun 1980-an. Dewi, nama bayi yang diperebutkan itu, sementara Cipluk adalah bayi yang terlupakan.

Maka kasus itu bergulir ke pengadilan. Menurut saksi ahli dr. Masri Rustam, berdasarkan hasil tes darah, Dewi tidak mungkin keturunan pasangan Nuraini - Ambam. Begitu pula Cipluk tidak mungkin berasal dari pasangan Kartini - Suripno. Berdasar hasil pembuktian tes darah tersebut, ternyata darah bayi yang diperebutkan itu AB. Sementara golongan darah pasangan Nuraini dan suaminya Ambam sama-sama O. Secara genetis, pasangan yang sama-sama golongan darah O hanya bisa melahirkan bayi dengan golongan darah O. Artinya bayi yang diperebutkan mustahil lahir dari rahim Nuraini.

Di hadapan pengunjung yang memadati ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jaksa Nyonya Tiangsa Beru Karo menuntut hukuman 6 bulan penjara kepada Nuraini karena terbukti sengaja mengambil Dewi, yang bukan miliknya sehingga asal-usul kedua bayi itu menjadi kabur. Nuraini juga dituntut jaksa untuk menerima Cipluk dan memberikan Dewi kepada pasangan Suripno dan Kartini.

Nuraini yang kalah di pengadilan akhirnya mau mengambil Cipluk, ketika itu usia Cipluk memasuki usia 1 tahun, 6 bulan, 15 hari. Meski begitu sampai sekarang bagi Nuraini Dewi tetap diyakininya sebagai darah dagingnya. Kasus ini bahkan pernah diangkat ke layar putih dengan judul Dewi & Cipluk: Semua Sayang Kamu.

68 komentar:

ajeng mengatakan...

Saat itu belum ada tes DNA ya mas? Kenapa tidak dilakukan tes DNA saja yach?

joe mengatakan...

Pada akhir tahun 1980-an, pengembangan teknik pengetesan DNA, memungkinkan cara pembuktian anak kandung ditingkatkan ke taraf analisa pengecekan materi keturunan sendiri dari taraf analisa protein. Selama beberapa tahun ini, teknik pengetesan DNA dibaurkan dengan teknik deteksi penyusunan gena, tingkat pengetesan gena perorangan ditingkatkan lebih tinggi, dewasa ini, tingkat keakuratan konfirmasi hubungan biologi antara ayah dan anak mencapai 99,999 persen, tingkat keakuratan menegasi hubungan biologi antara ayah dan anak bahkan lebih tinggi, dan hampir 100 persen. Tapi tentunya di tahun tersebut biaya untuk melakukan tes DNA masih mahal ya...

J O N K mengatakan...

wah saya gak kebagian dengan kejadian inih , akhir 80-an saya belum lahir :),

trims infonya mas ...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

sekarang mereka sudah dewasa kali. sudah meriid juga ya.

suryaden mengatakan...

iya kabarnya mereka sekarang gimana ya, gak ada yang update info, langsung ilang tanpa bekas saja...

Tukang komen mengatakan...

Mungkin mereka menjadi salah satu blogger juga.... he..he.. makanya kalo di ruang bayi tidak boleh sembarangan gendong bayi, aku pernah kena semprot suster saat mau betulin sendiri selimut anakku di box ruang bayi... he..he...

reni mengatakan...

Aku aja dah lupa cerita ini.
Emangnya apa motivasi Nuraini kok menukarkan bayinya sendiri ??

zenteguh mengatakan...

apa karena ini banyak sinetron yang kemudian mengambil jalan cerita itu, bayi tertukar...? sayangnya, biasanya cerita kemudian menjadi tak jelas

Quinie mengatakan...

sayah inget peristiwa ini, makanya trus my bro yang lahir taun 89, kudu cap sidik jari tangan & kaki... ck ck ck

Ani mengatakan...

Ingat deh, waktu itu saya masih kecil juga. Skrg gimana ya kabar si Dewi dan Cempluk ? mestinya sudah dewasa kan?

attayaya mengatakan...

tidak perlu tes dna, karena dari tes golongan darah saja sudah terbukti
lagian tes dna pada saat itu muaahallll banget

anna fardiana mengatakan...

haduh...kasian si cipluk...

mereka udah gede sekrang, apa kabarnya? mas joe...cari tau dong..hehehe

joe mengatakan...

tentunya mereka sudah besar sekarang, semoga mereka berbahagia. Entah di mana, tidak ada media yang mengekspos setelah mereka dewasa...

BrenciA KerenS mengatakan...

kasian cipluk....anak yang dilupakan..

Cebong Ipiet mengatakan...

tapi kalau dari tes darah aja ud kliatan, kesian cipluknya yho.

aprie mengatakan...

ini dalam rangka apa nih?

joe mengatakan...

dalam rangka mengenang kembali kejadian-kejadian di dekade 80-an, cuma bernostalgia saja kok...

Anonim mengatakan...

PENGADILAN Negeri Jakarta Selatan seakan memainkan lakon Nabi Sulaeman. Dalam sidangnya Senin pekan ini majelis hakim yang diketuai Nyonya Reni Retnowati menyerahkan Dewi, yang diperebutkan dua ibu yang mengaku melahirkannya, kepada pasangan Kartini-Suripno. Hakim juga menghukum Nuraini, yang selama ini menguasai Dewi, 6 bulan penjara.

Sejak lahir, 28 Maret 1987, Dewi disusui dan dipelihara Nuraini. Tapi dengan vonis itu, Dewi, yang sudah dipisahkan majelis dari Nuraini sejak 12 Maret lalu, benarbenar terlepas dari tangan ibu beranak tiga itu.

Kesalahan Nyonya Nuraini, 30 tahun dalam penilaian hakim, bisa dibuktikan. "Ia terbukti mengambil Dewi di boks nomr 1 tanpa izin petugas, dan bersikeras menguasainya," kata hakim di hadapan pengunjung yang memadati ruang sidang utama.

Suasana sidang menjadi semarak. Kedua bayi - Dewi dan Cipluk - yang kini berusia 15 bulan, juga dihadirkan. Dewi, mengenakan baju hijau, bersepatu hitam, berada di antara beberapa pengasuhnya dari Yayasan Sayap Ibu serta ketua yayasan, Nyonya Jusuf Razak. Sedangkan Cipluk, yang tampak lebih lincah dan riang, mengenakan baju kuning dan sepatu merah. Bocah itu terlihat asyik dikelilingi para suster Puskesmas Cilandak dan dr. Nyonya Mursiamih, kepala unit rumah bersalin tersebut.

Nyonya Kartini, 24 tahun, yang selama ini menuntut agar Dewi dikembalikan kepada mengenakan tudung kepala hitam, didampingi suaminya, Suripno, dan sanak keluarganya.

Yang duduk di kursi pesakitan, ketika hakim membacakan putusan, adalah Nyonya Nuraini. Mengenakan baju merah jambu dan rok hitam, dengan rambut dijepit ke atas, ia diajukan ke meja hijau oleh Jaksa Nyonya Tiangsa Beru Karo sejak 3 Februari lalu. Ia dituduh sengaja menguasai Dewi yang diambilnya dari boks nomor I di Puskesmas Cilandak, 28 Maret 1987.

Majelis semakin yakin setelah saksi, Bidan Sri Maryati, mengaku telah memindahkan seorang bayi perempuan dari inkubator, pada hari kejadian itu, ke boks nomor 2. Pada waktu itu, ia membuluhkan alat pemanas bayi itu untuk seorang bayi lain - lelaki - yang lahir di rumahnya.

Jaksa Tiangsa, dalam tuntutannya, hukuman 6 bulan penjara, menyebutkan, "Tersangka mengambil Dewi di boks nomor 1." Majelis hakim akhirnya sependapat dengan jaksa. Nyonya Nuraini dianggap telah membuat asal-usul Dewi dan Cipluk menjadi tak menentu .

Fakta yang ditunjukkan hakim, misalnya, Nuraini selain enggan melakukan pengecekan ulang bayi itu juga menolak melakukan pemeriksaan darah. Meski belakangan ia terpaksa melakukannya juga.

Lagi pula, ketika Nuraini mengambil Dewi, pada bayi itu sudah terpasang label atas nama Nyonya Kartini. Kendati berkali-kali diminta, Nuraini tidak menyerahkan Dewi. Padahal, "tiga hari setelah Dewi lahir, Nuraini juga sudah diberi tahu bahwa bayi yang disusuinya itu bukan anaknya," ujar Nyonya Reni Retnowati. Nuraini tetap bersikeras menguasai Dewi dan memeliharanya sejak 1 April 1987.

Pembuktian lain, berdasarkan hasil tes darah dan penjelasan saksi ahli, dr. Masri Rustam, Dewi bukan bayi yang dilahirkan Nuraini. Begitu pula Cipluk tidak mungkin berasal dari pasangan Kartini-Suripno.

Karena itu, seusai sidang Senin pekan ini, maJehs hakim langsung menyerahkan bayi itu kepada pasangan Kartini--Suripno. "Ini tindakan hakim, bukan eksekusi putusan," ucap Nyonya Reni.

Mendengar putusan itu, Nuraini langsung memberondongkan teriakan histeris. "Saya tidak terima. Saya yang ngelahirin Dewi, dapat surat sah dari dokter. Saya nggak nyolong, saya bukan maling. Kenapa saya kena pidana? Dokternya yang salah," ujar Nuraini, asli Betawi, seraya mengacungkan secarik kertas keterangan dokter. Itu sebabnya, Nuraini, melalui pengacaranya dari LBH Jakarta, Furqon W. Authon dan Sukma V. Saubary, rencananya akan menggugat pihak Puskesmas Cilandak.

Lain halnya Kartini dan Suripno. Dengan berderai air mata, mereka segera memeluk dan menciumi Dewi, yang diserahkan majelis. Suasana di ruang sidang sempat gaduh. Banyak pengunjung bernapas lega dan menyambut gembira putusan hakim.

Begitu melihat Dewi di pelukan Kartini, Nuraini pun berusaha mendekati. Ia ingin mencium bocah yang pernah diasuh dan disusuinya.

Tapi beberapa petugas dengan sigap menghalanginya. Mereka memegangi Nuraini yang terus meronta-ronta dan berteriak histeris. Ia digiring ke ruangan lain. "Bunuh saya. Lebih baik saya mati," teriak Nuraini sembari memukul-mukulkan sandal merahnya kepada apa dan siapa saja di dekatnya. Mata Nuraini sembap, bersimbah air mata rambut dan pakaiannya tak keruan.

Furqon W. Authon, memang memprotes tindakan hakim yang langsung menyerahkan Dewi kepada Kartini. "Sama sekali tidak manusiawi. Penyerahan bayi 'kan bisa diatur, tidak harus sekarang dan di tempat ini. Itu bisa membuat Nuraini histcris," ujar Furqon. Karenanya, ia akan menasihati Nuraini agar rlaik banding.

Dengan demikian, kelihatannya Nuraini tetap menghendaki kembalinya Dewi ke pangkuannya. Malang bagi Cipluk, yang mesti sabar menunggu siapa ibu yang sebenarnya. Kalau boleh memilih, agaknya Cipluk harus menjatuhkan pilihan pada tiga ibu: Ibu Nuraini, ibu angkat, dan ibu negara.
(Tempo)

Antaresa mengatakan...

ko cipluk ma dewi mirip ya?

ngedenger cerita ini aku jadi terharu

fraders mengatakan...

duh.. kasian sekali cipluk...

sudah dapat penolakan sejak ia kecil, dari orang tuanya pula...

harry seenthing mengatakan...

wah iya ntuh....kemana yah kabarnya...kayaknya sudah pada gede dan opunya anak yah

mas icang mengatakan...

kayane saya lum lahir nih.....hheee

itu status hukumnya sudah jelas namun status secara agama gimana ya?

keboaja mengatakan...

Dimana mereka berada ya sekarang?

Paman Gober mengatakan...

Wah ga tau neh ceritanya, baru tau sekarang :)

casual cutie mengatakan...

wah gimana kelanjutan kasusnya??? memang tidak ada bukti dan saksi kalo bayi dewi dan cipluk tertukar ato tidak???

ifoel mengatakan...

apakah dua2nya masih hidup mpe skarng.. ? baru dengar info nih, cos tempo hari masih ingusan

nietha mengatakan...

apa kabar dewi dan cipluk hari ini ya??
kalo dewi atau cipluk baca blog ini, kasi komen donk.

My Blog mengatakan...

kisah yang mengahrukn...

sehingga membuat ku menangis

suwung mengatakan...

sekarang mereka dah segede apa ya?

joe mengatakan...

wah iya tuh, kalau Dewi or Cipluk baca blog ini, koment dong buat teman-teman ...

dwinacute mengatakan...

waduh, kasian cimpluk ya mas, kok dewi direbutin sih. kan ada cimpluk. mang kelebihan dewi apa yah..

rusakparah mengatakan...

Meski waktu itu saya masih kecil (SD kalau ga salah), Saya masih ingat bagaimana ramainya pemberitaan mengenai peristiwa ini. Sampai ada film nya juga kan? kayak kasus Ari Anggara itu

@ Coy mengatakan...

wah seru nih....
kayak filem endeles love aja...

buJaNG mengatakan...

Jadi sampai sekarangpun belum kembali...?

endar mengatakan...

kisah yang sungguh mengharukan sekarang mereka berdua nasibnya gimana ya?

ridu mengatakan...

wah.. akhirnya saya bisa baca cerita lengkapnya..

kebetulan saya lahir di akhir era delapan puluhan, jadinya cuma mendengar cerita dari orang sekitar,

FYI saya juga di lahirkan di sana, dan kebetulan bidan yang membantu proses kelahiran saya itu juga bu Sri Maryati, sampe sekarang dia masih buka praktek tuh di cilandak hehe

Sampe sekarang saya masih tinggal di cilandak, Terus denger2 gosip nih ya, kalo salah satu tetangga saya itu adalah cipluk, namun itu masih gosip di lingkungan saya, soalnya nama dia bukan cipluk gitu, tapi kalo dilihat dari usianya, ya seumuran dengan cipluk itu..

mungkin itu suatu aib kali ya bagi keluarga mereka, sehingga masa lalu ini dilupakan..

duh saya blom nonton filmnya tuh.. kalo ada saya mau donk mas.. hehe

joe mengatakan...

wah, film lama tuh, apa masih ada ya? coba saja cari di google, siapa tahu ada yang koleksi dan mau share ...

^3^ mengatakan...

padahal om aku juga ketuker mas , cuman gak ada tu tuntut menuntut .

Anonim mengatakan...

learn from me humble heart [url=http://usadrugstoretoday.com/products/dramamine.htm]dramamine[/url] blood clot on back of brain http://usadrugstoretoday.com/categories/magen-darm.htm health career standards http://usadrugstoretoday.com/products/viagra-jelly.htm
pictures of allergic rashes [url=http://usadrugstoretoday.com/products/parlodel.htm]parlodel[/url] health benefits hemp [url=http://usadrugstoretoday.com/products/allegra.htm]extra vaginal skin[/url]

Anonim mengatakan...

medical treatments for tinnitus [url=http://usadrugstoretoday.com/products/vitamin-c.htm]vitamin c[/url] medical malpractice gallbladder surgery http://usadrugstoretoday.com/categories/smettere-di-fumare.htm what you need for social health http://usadrugstoretoday.com/catalogue/1.htm
pacific health advantage [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/w.htm]Order Cheap Generic Drugs[/url] foods that affect vaginal odor [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cleocin.htm]nicotine for anxiety[/url]

Anonim mengatakan...

gangreen infection [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/colesterolo.htm]colesterolo[/url] honolulu health http://usadrugstoretoday.com/products/stop-smoking.htm smoking cessation seton health http://usadrugstoretoday.com/products/trazodone.htm
depression programs new deal [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/erection-packs.htm]erection packs[/url] cincinnati public health department [url=http://usadrugstoretoday.com/products/himplasia.htm]patient education for dynacirc drug[/url]

Anonim mengatakan...

resistence to thrombotice thromboctyo drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/miglioramento-femminile.htm]miglioramento femminile[/url] inland vallley medical center http://usadrugstoretoday.com/products/tretinoin-cream-0-05-.htm heart beats hard at ight sleeping http://usadrugstoretoday.com/products/erexor.htm
executive health insurance benefits [url=http://usadrugstoretoday.com/products/reglan.htm]reglan[/url] dialysias diet restrictions [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/q.htm]fibroadenoma breast[/url]

Anonim mengatakan...

awareness on drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cordarone.htm]cordarone[/url] hamburger bacteria http://usadrugstoretoday.com/products/astelin.htm letter of endorsement for medical check up http://usadrugstoretoday.com/categories/gastrointestinal.htm
how to drop blood sugar [url=http://usadrugstoretoday.com/products/estrace.htm]estrace[/url] information on addiction to drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/procardia.htm]cialis generic overnight state united[/url]

Anonim mengatakan...

medical ceneter macon [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/antidepressivum---anti-angst.htm]antidepressivum anti angst[/url] smoke alarm beep http://usadrugstoretoday.com/products/grifulvin-v.htm articles ondissociative identity disorder http://usadrugstoretoday.com/catalogue/g.htm
patients profile contents for asthma patients [url=http://usadrugstoretoday.com/products/clozaril.htm]clozaril[/url] pharmacy careers [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-depresseur---anti-anxiety.htm]diet related diseases[/url]

Anonim mengatakan...

state of colorado board of medical examiners [url=http://usadrugstoretoday.com/index.php?lng=it&cv=eu]No prescription online pharmacy[/url] what is mg or mcg in drug precscription http://usadrugstoretoday.com/products/hydrochlorothiazide.htm give back my heart lyrics http://usadrugstoretoday.com/products/cipro.htm
fortis dental official site [url=http://usadrugstoretoday.com/products/septilin.htm]septilin[/url] extraordinary health jordan rubin [url=http://usadrugstoretoday.com/products/weight-loss.htm]female drug arrests in thailand[/url]

Anonim mengatakan...

http://newrx.in/disulfiram/effects-of-disulfiram
[url=http://newrx.in/glucosamine/osteo-bi-flex-glucosamine]drugs trends from 1960 to 2000[/url] joe kelley of lilly drugs [url=http://newrx.in/carbohydrate/carbohydrate-list-for-diabetics]carbohydrate list for diabetics[/url]
new drug for leukemia sufferers http://newrx.in/erythromycin/does-erythromycin-treat-syphilis
[url=http://newrx.in/yohimbe]ia board of pharmacy[/url] buy viagra [url=http://newrx.in/flonase/flonase-withdrawal-symptoms]flonase withdrawal symptoms[/url]
mp6 drug http://newrx.in/diphenhydramine/what-is-the-chemical-diphenhydramine
[url=http://newrx.in/carbohydrates/foods-high-in-carbohydrates]current drug control stratergies[/url] cool viagra falls picks [url=http://newrx.in/methylsulfonylmethane/silymarin-and-methylsulfonylmethane]silymarin and methylsulfonylmethane[/url] by levitra price [url=http://newrx.in/glipizide/glipizide-xl-side-effects]glipizide xl side effects[/url]

Anonim mengatakan...

infection control statement equipment stoke [url=http://usadrugstoretoday.com/products/deltasone.htm]deltasone[/url] drug price equilibrium http://usadrugstoretoday.com/products/viagra-soft-tabs.htm uncircuncized penis pictures http://usadrugstoretoday.com/discounts.htm
diet of diarrhea [url=http://usadrugstoretoday.com/products/serevent.htm]serevent[/url] boseong tea ontario canada [url=http://usadrugstoretoday.com/products/lasix.htm]structual steel erection[/url]

Anonim mengatakan...

volkswagen snowplow http://eautoportal.in/fuel/fuel-gas-prices dodge ram slogan
[url=http://eautoportal.in/ford-com/ford-215-75r-15-tire]auto metornome finder mac[/url] dodge durango schematicas [url=http://eautoportal.in/daihatsu/daihatsu-specialists-australia]daihatsu specialists australia[/url]
volkswagen eruovan http://eautoportal.in/ford-auto/ford-pickup-dealers-in-neb
[url=http://eautoportal.in/infiniti/infiniti-g20-restoration-no-start]vintage mercedes screensavers[/url] miss senorita makita mercedes luna [url=http://eautoportal.in/bmw-car/samsung-blackjack-2002-bmw-745-bluetooth]samsung blackjack 2002 bmw 745 bluetooth[/url]
staff at volkswagen lightcliffe http://eautoportal.in/kawasaki/steering-stabilizer-kit-for-kawasaki-s
[url=http://eautoportal.in/gmc/parts-for-1994-gmc-jimmy]volkswagen auto serive portland oregon[/url] how to stop auto start applications [url=http://eautoportal.in/chopper/corn-chopper]corn chopper[/url]

Anonim mengatakan...

quote for mercedes benz http://autoexpress.in/radiator ipod player for automobile
[url=http://autoexpress.in/rally/rally/school/romania]dodge 4x4 truck ass[/url] travel safet automobile [url=http://autoexpress.in/saleen/buy/a/saleen]buy a saleen[/url]
consumer reports on auto rustproofing http://autoexpress.in/royce/rolls/royce/1560/test/box
[url=http://autoexpress.in/oldsmobile/used/1977/oldsmobile/delta/88/transmissions]total collision auto body alexandria va[/url] hydrogen automobile fuel [url=http://autoexpress.in/scooters/newest/maxi/scooters]newest maxi scooters[/url]
mercedes 508d for sale http://autoexpress.in/peugeot/phase/peugeot
[url=http://autoexpress.in/opel/opel/deisel/130/mpg/140/mph]exterminate automobile insects[/url] grand theft auto san anoreas [url=http://autoexpress.in/porsche/porsche/chicago]porsche chicago[/url]

Anonim mengatakan...

shoes history http://topcitystyle.com/-jeans-cut-pants-new-category27.html list of interior designers [url=http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=1415]chanel iman[/url] miva ecommerce website designers
http://topcitystyle.com/miss-sixty-dressy-tops-brand25.html discount clear shoes [url=http://topcitystyle.com/ed-hardy-t-shirt-decorated-with-swarowski--item2559.html]bridal designers[/url]

Anonim mengatakan...

car seat travel bag http://adventurecollection.in/disneyland/marriott-by-disneyland annabel lamb when angels travel
[url=http://adventurecollection.in/lufthansa/pmdg-boeing-737]travel nursing in bermuda[/url] tips greece travel [url=http://adventurecollection.in/vacation-packages/las-vegas-all-inclusive-vacation-package-htm]las vegas all inclusive vacation package htm[/url]
sky blue international travel http://adventurecollection.in/expedia/expedia-stinky-marker-commercial
[url=http://adventurecollection.in/map/world-physical-map]travel coat[/url] destinations travel gay [url=http://adventurecollection.in/hotel/nickelodeon-club-hotel]nickelodeon club hotel[/url]
travel marketing newfoundland canada http://adventurecollection.in/cruise/brazil-cruise-ship-harbor travel deals to florida [url=http://adventurecollection.in/car-rental/rental-car-coupons-or-discounts]rental car coupons or discounts[/url]

Anonim mengatakan...

designer handbags http://www.thefashionhouse.us/dark-grey-men-color16.html knockoff designer hand bags [url=http://www.thefashionhouse.us/takeshy-kurosawa-t-shirt-for-men-white-item2031.html]designer dining room tables[/url] small dog clothes
http://www.thefashionhouse.us/shirts-page12.html womens ryka thletic shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/purple-dressy-tops-color37.html]how to make your own clothes patterns[/url]

Anonim mengatakan...

ecko james shoes http://luxefashion.us/black-grey-armani-color24.html clothes armoire [url=http://luxefashion.us/dark-red-navy-blue-multicolored-winter-jackets-color67.html]whoischanel[/url] travel clothes
http://luxefashion.us/31-shorts-and-capri-size15.html latest copy analysis gucci [url=http://luxefashion.us/burberry-winter-jackets-brand4.html]chen lin fashion[/url]

Anonim mengatakan...

mike vallaley shoes http://www.thefashionhouse.us/roberto-cavalli-button-down-long-sleeve-top--item27.html second life photoshop template clothes [url=http://www.thefashionhouse.us/dolce-amp-gabbana-shorts-and-capri-brand2.html]in memory of lauren n zinsavage[/url] clothesfree international inc naturist bulletin board forum nudist photos
http://www.thefashionhouse.us/-stretch-jeans-women-category80.html joel l klein [url=http://www.thefashionhouse.us/xl-on-sale-size6.html]scooby doo shoes[/url]

Anonim mengatakan...

kellys shoes http://luxefashion.us/new-women-s-tops-type6.html studio c shoes [url=http://luxefashion.us/-sweater-roberto-cavalli-category25.html]dexter bowling shoes[/url] blueprint designers
http://luxefashion.us/?action=products&product_id=2548 gucci logo [url=http://luxefashion.us/black-yellow-men-color217.html]gucci deigns[/url]

Anonim mengatakan...

http://xwv.in/loratadine/galpharm/loratadine/buy
[url=http://xwv.in/naprosyn/can/i/take/vicodin/and/naprosyn/together]australia drug elbows and ounces[/url] generic drugs for paxil [url=http://xwv.in/linezolid/zyvox/linezolid]zyvox linezolid[/url]
prescription drug costs http://xwv.in/osteoporosis/osteopenia/osteoporosis
[url=http://xwv.in/xanax/mix/xanax/roxicet]walmart pharmacy male enhancement[/url] grapefruit drugs warning [url=http://xwv.in/paroxetine/antidepressant/effectiveness/in/paroxetine/vs/placebo]antidepressant effectiveness in paroxetine vs placebo[/url]
crack cocain drug addiction education http://xwv.in/lopid/lopid/600
[url=http://xwv.in/oxybutynin/oxybutynin]levitra levitra vasculitis[/url] drug computer lingo [url=http://xwv.in/lexapro/fda/approval/of/lexapro]fda approval of lexapro[/url] albany college of pharmacy vermont [url=http://xwv.in/kidney/multicystic/dysplastic/kidney]multicystic dysplastic kidney[/url]

Anonim mengatakan...

installing software on the blackjack http://xwn.in/casino-playing-cards_opah-playing-cards las vegas casino construction
[url=http://xwn.in/bingo_free-holiday-bingo-cards-to-print-out]horse betting odds[/url] north carolina lottery ticket numbers [url=http://xwn.in/joker_joker-update-survivor]joker update survivor[/url]
online horse betting http://xwn.in/slot_mac-slot-fan-cool-noise-air-flow
[url=http://xwn.in/keno_play-2-4-6-slot-keno]baccarat casino online sign up bonuses[/url] playing cards art [url=http://xwn.in/jackpot_power-ball-jackpot-winning-numbers]power ball jackpot winning numbers[/url]
random number bingo free http://xwn.in/betting_betting-tips casinos atlanticcity [url=http://xwn.in/betting_rules-of-betting-odds]rules of betting odds[/url]

Anonim mengatakan...

cheap prom shoes http://topcitystyle.com/river-island-round-neck-brand59.html boogie wonderland boogie fever boogie shoes [url=http://topcitystyle.com/-casual-fall-spring-on-sale-category23.html]golf shoes[/url] how to get white clothes clean with rusty water
http://topcitystyle.com/versace-dress-for-women-black-item2511.html sweeties fashion [url=http://topcitystyle.com/grey-tops-shirts-with-colar-color1.html]fashion magazine[/url]

Anonim mengatakan...

the blood eagle [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/i.htm]No prescription online pharmacy[/url] building muscle losing fat http://usadrugstoretoday.com/products/actonel.htm country life vitamin http://usadrugstoretoday.com/products/femara.htm
does smoking affect cholesterol and kidney functions [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ponstel.htm]ponstel[/url] prostate measured for width in the axial view [url=http://usadrugstoretoday.com/products/apcalis-sx.htm]ingredient aspartame gum[/url]

Anonim mengatakan...

doom movie cast list [url=http://moviestrawberry.com/films/film_dirty_work/]dirty work[/url] google movie http://moviestrawberry.com/films/film_permanent_vacation_1980/ increasing resolution in windows movie maker
online masturbation movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_newsies/]newsies[/url] spider man movie filming in forest hills queens http://moviestrawberry.com/films/film_plan_bee/ free anime porn movie
movie attendance by age [url=http://moviestrawberry.com/films/film_lizzie_mcguire/]lizzie mcguire[/url] the movie unholy
capture video direct from dvd player movie maker [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_weakest_link/]the weakest link[/url] sg2 movie http://moviestrawberry.com/films/film_path_to_war/ songs from zulu movie
hard candy free movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_dead_by_dawn/]dead by dawn[/url] scarlet letter movie http://moviestrawberry.com/films/film_madagascar_escape_2_africa/ what is a movie gaffer

Anonim mengatakan...

sally fields made for tv movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_knife_edge/]knife edge[/url] night at the museum movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_good_girl/ movie titanic
beneath still waters movie download [url=http://moviestrawberry.com/films/film_poster_boy/]poster boy[/url] movie tube http://moviestrawberry.com/hqmoviesbyyear/year_2007_high-quality-movies/?page=8 inuyasha movie 2 dub
david lynch new movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_vikings/]the vikings[/url] navyn os movie
free movie gallery fucking [url=http://moviestrawberry.com/films/film_red_dawn/]red dawn[/url] movie stars videos http://moviestrawberry.com/films/film_paparazzi/ movie database links
zune movie format media [url=http://moviestrawberry.com/films/film_blue_state/]blue state[/url] movie review of flicka http://moviestrawberry.com/films/film_x_s_o_s/ movie quotes from the jerk

Anonim mengatakan...

whitewater wisconsin movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_lions_for_lambs/]lions for lambs[/url] bijou phillips movie stills getting fucked http://moviestrawberry.com/films/film_the_endless_summer_2/ new superman movie
the lone wolf 16 movie dvd set warren william [url=http://moviestrawberry.com/films/film_are_we_there_yet/]are we there yet[/url] chips movie http://moviestrawberry.com/films/film_thomas_kinkade_s_home_for_christmas/ son kidnapped pirates movie
resident evil movie wallpapers [url=http://moviestrawberry.com/films/film_frankenstein/]frankenstein[/url] annual movie yearbook author
the simpsons movie dvd [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_endless_summer/]the endless summer[/url] how much brad pitt gets paid per movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_drama-movies/?page=32 shyla stylez movie sample
movie player [url=http://moviestrawberry.com/films/film_harsh_times/]harsh times[/url] creating a movie storyboard http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_austria/ ipod movie converter

Anonim mengatakan...

halloween movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_less_than_zero/]less than zero[/url] porn movie reviews http://moviestrawberry.com/films/film_clownhouse/ world of warcraft princess movie
true grit movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_lock_stock_and_two_smoking_barrels/]lock stock and two smoking barrels[/url] download windows movie maker version 1 http://moviestrawberry.com/films/film_terrorstorm_a_history_of_government_sponsored_terrorism/ tranny free porn movie clips
pirates of the carribean movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_killa_season/]killa season[/url] edwards movie theaters
th epersute of happiness movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_high_school_high/]high school high[/url] quail springs plaza oklahoma city movie theater http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_biography-movies/?page=4 the ring the movie
justin timberlake movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_adaptation/]adaptation[/url] movie theaters in somerset kentucky http://moviestrawberry.com/films/film_australia/ me you and dupree movie stills

Anonim mengatakan...

mario brothers movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_bedtime_stories/]bedtime stories[/url] main character in movie take the lead http://moviestrawberry.com/films/film_creature_from_the_black_lagoon/ movie theaters in columbus ohio
jetski freestyle movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_ultimate_warrior/]the ultimate warrior[/url] movie listings danbury ct http://moviestrawberry.com/films/film_the_talented_mr_ripley/ greatest story ever told movie
transformers movie sequel [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_sisterhood_of_the_traveling_pants_2/]the sisterhood of the traveling pants 2[/url] optima movie time projector
movie theatres in conway [url=http://moviestrawberry.com/films/film_van_helsing/]van helsing[/url] beauty and the beast movie quotes http://moviestrawberry.com/films/film_american_high_school/ new highlander movie
baton rouge movie listing [url=http://moviestrawberry.com/films/film_coraline/]coraline[/url] may movie director http://moviestrawberry.com/hqmoviesbyyear/year_1984_high-quality-movies/?page=1 movie shopgirl

ROSIHAN ANWAR mengatakan...

Terima kasih Gan jadi lebih tahu nih khasiatnya
http://www.belajaroffice.com/

Umroh murah mengatakan...

Umroh yuk... Dengan biaya murah... Insya Allah berkah
www.umrohmurah.online

Firmantainment Cilegon mengatakan...

Kalau ingin tahu pemeran bayi itu https://m.facebook.com/?hrc=1&refsrc=http%3A%2F%2Fh.facebook.com%2Fhr%2Fr&_rdr

Firmantainment Cilegon mengatakan...

Ini pemain bayi itu https://m.facebook.com/?hrc=1&refsrc=http%3A%2F%2Fh.facebook.com%2Fhr%2Fr&_rdr