Sabtu, 18 Oktober 2008

Film Boneka Si Unyil

Si Unyil adalah tokoh boneka yang rajin menyapa anak-anak Indonesia melalui TVRI setiap hari Minggu siang sejak tahun 1981 sampai 1993.

Ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak bernama di Unyil dengan segala petualangan dan suka dan dukanya. Karena memang ditujukan untuk anak-anak maka film ini pun tidak lupa untuk disisipi dengan berbagai pesan-pesan moral maupun unsur pendidikan. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".

Si Unyil yang digambarkan selalu tampil dengan mengenakan sarung dan memakai peci, telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, seperti karakter tokoh-tokohnya yaitu Pak Raden, Pak Ogah, Ableh, Kinoy, Ucrit, Usrok, Cuplis serta Meilan.

Di tahun 2000-an film ini sempat ditayangkan kembali di televisi swasta TPI dengan diberi sentuhan-sentuhan modern, namun rupanya kehadiran berbagai tokoh idola anak-anak dari luar negeri seperti Doraemon, Sinchan yang kadung lekat dengan anak-anak di era milenium, membuat Si Unyil kurang mendapatkan sambutan. Saat ini boneka-boneka si Unyil telah menjadi koleksi Museum Wayang di Jakarta.

7 komentar:

Mangga kecut mengatakan...

Salam kenal juga..
Si Unyil, jd inget masa2 kecil dlu y..
Untung skrang msh ada yg nayangin dan lebih banyak berisi ilmu pengetahuannya..

endah mengatakan...

anehnya..dari dulu sampe sekarng si Unyil sekolahnya gak naik2 ya...sd terus

babegue mengatakan...

andai saja sekarang ini ada lagi cerita2 kaya si unyil, pastilah lebih mendidik, daripada sekarang, banyak yang bikin sinetron ttg percintaan remaja.... gak ada didikannya banget.
smua dibikin untuk ngejar materi aja

joe mengatakan...

Kalau sinetron sekarang lebih mengutamakan unsur komersial untuk menaikkan rating, dan mengundang iklan sebanyak-banyaknya sehingga melupakan kualitas

Mbah Koeng mengatakan...

nyil..nyil..Malng sekali nasibmu...!!!!!!!

Jusuf Agung mengatakan...

Sekedar info. Si Unyil masih tetap populer karena ditayangkan beberapa kali dengan format berbeda. Terakhir kali, adalah tayangan Laptop Si Unyil. Sayangnya, pencipta tokoh Unyil, Pak Raden sendiri, harus hidup merana dan tidak dapat menikmati hak cipta atas karyanya yang kini sepertinya dipakai ulang secara bebas.

Anonim mengatakan...

sepertinya jadi inspirasi ipin upin ya