Senin, 10 November 2008

Komik Petruk Gareng


Di antara komik-komik cerita silat yang antara lain mengorbitkan para superhero Indonesia seperti Panji Tengkorak, Godam, Jaka Sembung, Si Buta dari Goa Hantu, terselip juga komikus Tatang S yang begitu terkenal di era 80-an dengan cerita komik Petruk Gareng-nya. Selain Tatang S ada juga komikus-komikus yang juga membuat karakter keluarga Punokawan tersebut seperti HAB, Hidayat Sujana, Rachman, Rowing, Rini A.S, namun tetap saja mereka tidak bisa menyaingi kepopuleran Tatang S.

Tatang Suhendra atau yang biasa dikenal Tatang S. adalah salah seorang komikus kawakan Indonesia yang hingga akhir hayatnya mendedikasikan dirinya di dunia komik. Kiprahnya dalam dunia komik Indonesia sudah sangat mempengaruhi dunia komik maupun seniman yang berkecimpung di dunia komik. Namanya yang besar nampaknya masih terasa meskipun beliau telah meninggal pada tahun 2003 lalu.

Tentu saja Tatang S selain menampilkan Petruk dan Gareng juga menampilkan anggota Punakawan lain seperti Bagong dan juga Sang Ayahanda Semar. Dalam komiknya Petruk Gareng digambarkan dalam era modern, dengan setting masyarakat bawahan di Desa Tumaritis. Petruk Gareng sering diceritakan sebagai pengangguran, kerja serabutan, banyak utang, hidup di lingkungan yang suka judi KSOB, terkadang memancing ikan untuk mengisi waktu luang. Meski selalu tongpes, mereka anak muda yang menantikan malam minggu, perayu ulung, dan mata keranjang yang suka menggoda gadis-gadis atau janda muda.

Dengan goresan-goresan yang sederhana, dan gambar hitam putih, tak ada ada yang serius dalam setiap ceritanya, humor-humor yang tidak perlu mengerutkan kening menjadi menu harian, meski kadang juga diselipkan horor-horor yang menampilkan pocong, kuntilanak dan sebagainya.

24 komentar:

Timun mengatakan...

Hiahakahakaa saya ndak tau komik ini, tapi saya suka little house on the prairie :) keren juga ide blog nya. tosss! salam gempal hahaha

easy mengatakan...

wakakaka... ini dulu komik favorit omku :D

opini-prayitno.ramelan mengatakan...

Joe, saya mampir nih, senang kenal dengan Joe yg dr industri perbankan ya. Saya suka dengan semangat Joe yg masih muda tetapi tekun dan komentar2 yg dibuat bagus. Saya juga jadi sibuk sekali mengelola empat blog, tapi ya kita tekuni saja karena kita enjoy berada disini. Yg jelas jadi blogger menambah pengetahuan. Ayo Joe, buat artikel apa saja, kirim ke Pak Pepih. Munculah sekali-sekali di journalis log tersebut. Masih muda, semangat harus tinggi.Okay!Selamat ya.

suwung mengatakan...

weh goleke nangendi ya?

suwung mengatakan...

beli komiknya dimana?

joe mengatakan...

Untuk bung Suwung,
Untuk mendapatkan koleksi baru memang tidak bisa karena saat ini Bapak Tatang S sudah tiada. Namun jika Anda cukup sabar, saya yakin Anda masih dapat menemukan di toko-toko buku bekas.
Atau dapat juga dipesan di internet, beberapa situs yang menjual koleksi lama komik tersebut di antaranya: http://www.mail-archive.com/bursa-buku@yahoogroups.com/msg06035.html; http://www.bukudedo.com/product/407/2774/Dagelan-Petruk-Gareng-VIII; dll.
Anda bisa mencari sendiri di Google.
Salam.

thimbu mengatakan...

komik tatang s. ngingetin saya ama waktu kecil hahahahah patungan beli ama temen2 komik petruk

Kang Nur mengatakan...

urdayatsaya tahu, kenal dan pernah baca2 bbrp komik ini.. :)
wah bang Joe, saya seneng dgn ide blog ini, jadi ngingetin masa2 remaja dulu yg jadul2..
media2 yg jadul2 ngingetin peristiwa2 yg dialami saat itu juga..
saya ada pengalaman ttg komik ini, saat itu di dusun/RW saya berdiri masjid baru dg hidupkan kegiatan remaja-nya..
lalu remaja masjid saat itu bikin perpustakaan masjid gitu lah..
lucunya, ada teman yg nyumbang buku ke perpustakaan masjid itu lha koko komik2 gareng-pteruk ini..
Hua..ha..ha.. :lol:
Ada2 saja..

Kang Nur mengatakan...

Saya tahu, kenal dan pernah baca2 bbrp komik ini.. :)
wah bang Joe, saya seneng dgn ide blog ini, jadi ngingetin masa2 remaja dulu yg jadul2..
media2 yg jadul2 ngingetin peristiwa2 yg dialami saat itu juga..
saya ada pengalaman ttg komik ini, saat itu di dusun/RW saya berdiri masjid baru dg hidupkan kegiatan remaja-nya..
lalu remaja masjid saat itu bikin perpustakaan masjid gitu lah..
lucunya, ada teman yg nyumbang buku ke perpustakaan masjid itu lha koko komik2 gareng-pteruk ini..
Hua..ha..ha.. :lol:
Ada2 saja..

joe mengatakan...

Kalau saya mengenal komik Petruk Gareng itu dari tetangga yang baru pulang dari Jakarta. Dia membawa setumpuk komik itu dan saya meminjam.
Salam kenal, terima kasih telah mampir

Mac Yos mengatakan...

Komik komedi karya Tatang S yang ini belom baca. Tapi kalau komik silatnya yg berjudul "Iblis Teluk Jambe" udah baca waktu smp. Saya sangat terkesan dg goresan2 beliau.

Anton mengatakan...

Mas, salam kenal dong... Mas ganteng deh!!!

pepih nugraha mengatakan...

Joe, saya sudah berkunjung ke blogmu dekade80 an, wuah bagus bener. Masa remaja saya yang kebetulan di tahun 80an serasa menghirup masa-masa itu tatkala lihat komik petruk itu. Saya dulu pembaca komik Gina dari Gerdi WK, juga seri Gundala putra petir, Godam, Aquanus, Pangeran Mlar, Sun Go Kong. Inspiring banget! Nanti kalau Public Blogger Kompasiana sudah dibuka, kamu nulis atau eksport aja tulisan2 mu ke Kompasiana, pasti langsung dibaca banyak orang. Lumayan ‘kan buat nambah-nambah trafik kamu dan supaya blog kamu banyak dikunjungi karena kamu boleh nge-link artikelmu di Public Blog Kompsiana ke blogmu. Caba nanti ya, Joe!

prayitno ramelan mengatakan...

Joe, saya belum jawab ternyata Mas Pepih sudah menjawab dahulu, wah bahagia sekali itu, langsung bisa dibuat pegangan apa yg dikatakannya. Yang penting kita tahu kemana kita akan melangkah. Kita ini yg sudah opa-opa senang sekali kalau ada blogger muda yg semangat dan berjiwa kekeluargaan spt Joe. Kan memang kita bergabung di Kompasiana ini untuk mengasah ilmu, menambah wawasan,mendapat teman, walau sementara banyak yg masih virtual istilahnya Mas Pepih.

Percaya Joe, saya sama Mas Pepih belum pernah copy darat, tapi saya dan Mas Pepih sudah seperti sahabat lama, kenapa?Karena frekuensinya sama, sama2 mempunyai tujuan baik, bergaul dengan hati yg bersih, enteng, enak dan lepas. Blogger brotherhood. Nyari teman satu susah, kalau mau musuh seribu sehari gampang sekali kan.

Menanggapi apa yg disampaikan Joe, sebenarnya bangsa Indonesia itu santun, tapi dengan globalisasi, banyak dari kita yg kehilangan budaya yg sebenarnya, yaitu menghormati dan menghargai. Terlebih juga karena kurangnya pendidikan dimasyarakat bawah pada umumnya, maka nampak jelas gambaran carut marut kalangan muda masa kini, meniru tapi berlebihan. Ditambah dengan sistem kebebasan yg banyak diartikn salah…

Maka saya, juga Mas Pepih dan para blogger senior akan sangat senang mendapat kenalan blogger2 muda yg menginginkan dan mendambakan kemajuan. Good Luck Joe, sudah ada lampu hijau dari tokoh kompasiana tuh. Mas Pepih, terima kasih ya arahan kepada Joe kita ini, semoga muncul Joe,Joe lainnya. Bravo.Pray.

yulyanto mengatakan...

Salam kenal buat mas Joe!….

Meskipun saya tidak masuk dalam dekade 80-an, tapi saya enjoy liat-liat blognya mas Joe!!!……
wah, kalo kang PEP sudah bilang bagus, siap-siap ajach mas!!!…..he…he….

de asmara mengatakan...

di mana ya bisa dapet cergam2nya Petruk Gareng dulu? ada yg bisa kasih info? e-book nya juga gak pa2 deh

joe mengatakan...

coba dicek di: http://www.mail-archive.com/bursa-buku@yahoogroups.com/msg06035.html; http://www.bukudedo.com/product/407/2774/Dagelan-Petruk-Gareng-VIII; dll.
atau bisa juga dicari dengan bantuan Google

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kayaknya pernah liat deh komik ginian. milik pamanku.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kayaknya pernah liat deh komik ginian. milik pamanku.

de asmara mengatakan...

waduh, makasih bung Joe, saya baru liat balasan anda. nanti akan saya coba klik tautan2 yg dikasih di atas. sekali lagi thx ya :)

Anonim mengatakan...

Karya komik silatnya Tatang.S juga seru..dulu saya hobi bgt bacanya..nyewa sama tukang komik keliling (skrg pada kemana ya..?:D)Rp.500 per judul,satu judul itu ada 3 bundel komik (part 1,2,3..:D)..

Antonius mengatakan...

Wahaha..komik petruk gareng karya Tatang S.,saya punya banyak banget..

Vicky Kakashi mengatakan...

jadi inget jaman aku waktu SD dulu... hohoho Komik Petruk adalah Komik Pavorit ku kala itu.

statisticlinic mengatakan...

Inget bgt rela dua hari ga jajan buat beli komik ini. Saluuuuut buat Tatang S. (Alm)