Jumat, 13 Februari 2009

Nicky Astria, Meniti Nada-Nada Tinggi


Sebagai anak bungsu dari 5 bersaudara, apalagi dia adalah satu-satunya anak perempuan, maka mojang Bandung kelahiran 18 Oktober 1967 ini sangat dimanjakan oleh orang tuanya. Dia bisa meminta apa saja tetapi tidak untuk menjadi penyanyi. Sebab ayahnya menginginkan anak-anaknya untuk menyelesaikan pendidikan setinggi mungkin.

Namun semuanya berubah ketika suatu saat Deny Sabri seorang pemandu bakat menemukannya. Dia kemudian memilih jalur rock, dengan pertimbangan saat itu penyanyi rock wanita masih sedikit. Hanya Euis Darliah, Renny Jayusman, dan Sylvia Sarche saja yang tercatat. Juga, dia berpikir bahwa wajahnya tidak terlalu cantik untuk menjadi penyanyi pop.

Maka di pertengahan 1984, ketika usianya baru 17 tahun, dia bersiap menandatangani album rekaman. Ia pun mengubah namanya: Nicky Nastiti Karya Dewi menjadi Nicky Astria, yang artinya dewi keberuntungan. Album pertama itu berjudul Semua dari Cinta, dan musiknya digarap Jelly Tobing. Di sinilah untuk pertama kalinya ia berkenalan dengan orang-orang musik macam Ian Antono, Titiek Hamzah, dan Dodo Zakaria.

Album pertama Nicky Astria tidak begitu sukses maka ia pun kembali masuk dapur rekaman, dan lahirlah album Jarum Neraka pada tahun 1985. Di luar dugaan, album ini meledak, sesuatu yang sangat langka pada pasar lagu-lagu jenis pop rock. Album ini akhirnya berhasil meraih angka penjualan tertinggi dan melambungkan nama Nicky ke jajaran penyanyi pop rock kelas atas.

Nicky memang muncul di saat yang tepat. Yaitu saat penyanyi senior Euis Darliah meninggalkan tanah air dan menetap di luar negeri, sementara pamor Renny Jayusman dan Sylvia Sarche sudah mulai memudar. Karena itu, pasar musik rock yang tengah lapar itu pun melahap album Nicky. Kebetulan lagu-lagu yang disuguhkan pun memenuhi selera penikmat musik di tanah air.

Lagu Jarum Neraka dan Tangan Setan ciptaan Ian Antono dan Areng Widodo berhasil merajai pasar kaset tahun 1985 –1986. Selain berhasil meraup banyak keuntungan, Nicky pun berhasil meraih berbagai penghargaan. Sejak tahun 1985 hingga 1987, setiap tahun Nicky menyabet BASF Award sebagai Penyanyi Rock Wanita Terbaik. Dari album itu, ia juga berhasil meraih AMI Award. Dari dua albumnya yang dibuat pada tahun 1995 dan 1998, Nicky juga berhasil meraih predikat Penampilan Video Terbaik dan Penyanyi Terpopuler versi majalah musik Populer. Gelar Penyanyi Rock Wanita Terbaik juga diberikan oleh pembaca majalah Gadis selama lima kali berturut-turut yaitu tahun 1986-1991.

Nicky Astria bukanlah sosok yang fanatik dengan satu arranger saja, di luar itu sejumlah arranger papan atas telah menjadi bagian penting bagi perjalanan musiknya. Sebut saja misalnya Yongki Suwarno yang menggarap album Gelombang Kehidupan, Gairah Jiwa ataupun Sawung Jabo walaupun hanya menggarap 1 album yaitu Matahari & Rembulan, tetapi telah membentuk musik untuk Nicky Astria menjadi lebih terasa ke-Indonesiaan-nya, melalui aransemen musik yang dinamis dan kaya dengan bebunyian perkusi.

Kesuksesan yang terbangun di periode pertengahan tahun 1980an mencapai puncaknya di tahun 1995 melalui album Negeri Khayalan yang mencuatkan lagu Mengapa. Sesudah itu, perlahan-lahan album yang dihasilkan kurang mendapat response positif dari sisi komersial walaupun secara rutin masih saja menyapa penggemarnya melalui album Jangan Ada Angkara, Suka Kau, Samar Bayangan ditutup album Kemana tahun 2003. Setelah itu praktis tak ada lagi album yang dihasilkan sang rocker wanita itu. Namun demikian, sejarah mencatat bahwa Nicky Astria adalah rocker wanita tersukses di negeri ini jika dilihat dari jumlah album yang dihasilkan serta sisi komersial dalam jumlah album kaset/cd yang terjual.

31 komentar:

pakde mengatakan...

Bicara Nicky Astria bicara kuping di jewer, Pasalanya saya pernah membuat pita kaset Jarum Neraka Jadi kusut. itu lagu fav kaka saya jaman itu. Habis dijewer di sentil nih kuping. GW nangis dooooonk. teriak sama si papih......

joe mengatakan...

Waduh sampai segitunya. Mudah-mudahan itu tidak membuat Anda sebel sama Nicky Astria ya...
Salam

mbah kong mengatakan...

Pertamax...

joe mengatakan...

Sori terlambat ....!

omiyan mengatakan...

dan saya masih punya VCD lagu-lagunya pas live lagi

Cak Win mengatakan...

Wah lum kernah salaman aku :D

Suka ngerock ya boss?? hehehehe

bpict mengatakan...

Just Rock n Roll
Salam kenal Broo

joe mengatakan...

Salam kenal juga bro...!

cyperus mengatakan...

salam kenal... gua dulu demen banged tuh ma tuh cewek.. hehehehe

joe mengatakan...

Salam kenal juga ... Thanks telah mampir

awie mengatakan...

makasih dah amu mampir di blogu kang dan met val day yah kang moga tambah segala -galanya deh amin amin amin ya robal alamin

udayul mengatakan...

lengkingan suara nicky emang luar biasa

casual cutie mengatakan...

kasian ya mas skrg malah tenggelam...

DIAJENG mengatakan...

Inget lagu "bias sinar" jadinya ah..

joe mengatakan...

Jangan-jangan punya kenangan ya dengan lagu itu...

david mengatakan...

wah saya nggak terlalu Tau sama Nicky Astria..Kabur ah...Bukan Zaman Saya

Pingin Ngeblog..! mengatakan...

mantab nih infonya..ngingetin masalalu...pokoknya dulu gak pernah ketinggalan sama lagu-lagunya teh Nicky...

Tukang Nggunem mengatakan...

Nicky Astria, Atiek CB..dua penyanyi wanita jadul yang mengingatkan saya pada sepeda motor... hahahaha

joe mengatakan...

Ada satu lagi lho, Tante Titik Vespa hehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

saya suka lagu2nya Nicky dan suka gayanya juga. termasuk penyanyi fave tuh.

elroms mengatakan...

Hi..Hi..
Jadul banget! Tp kreatif abis..ceruk pasar yg bagus.

suwung mengatakan...

sayang sekarang dah tua... kok ngak produktip ya sekarang beliau?

joe mengatakan...

Iya, sekarang sudah tidak mengeluarkan album lagi

joe mengatakan...

@ elroms:
Gak juga kok, justru ceruk pasasnya segmented...

Presiden Prabowo mengatakan...

jangan suka berantem ya nak!

joe mengatakan...

Wah selamat datang Pak Presiden....

Armeina Tanjung mengatakan...

Waktu itu aku SMA temenku ada yang suaranya mirip Nicky Astria, buat aku dkk sirik ngedengernya, secara gitu loh suara nicky bagus gitu bisa disamain sama dia, hu hu hu koq kita ga bisa ya???

Sekarang lagunya masih enak didenger, suka muncul tuh di acara TVRI, lagu2 jaman dulu benerkan?

joe mengatakan...

Sampai segitunya ya, pakai acara sirik segala

gita mengatakan...

ibu yang satu ini,,, emang ga ada matinya...

meski waktu kecil dulu belum segitu ngerti maksud dari lagu2nya, tapi sering ndengerin juga, favorit si bulek.... :-)

"bias sinar" yang paling aku inget....

joe mengatakan...

Kalau pas aku masih kecil, suka terharu sama lagu 'Biar Semua Hilang' soale lagunya sedih..

frozenmenye2 mengatakan...

teteh nicky ini setelah tidak rekaman, malah sempat nyasar maen sinetron deh, kalo ga salah....