Selasa, 19 Mei 2009

Soeharto, The Smiling General


Tahun 1980 adalah masa keemasan Presiden Soeharto penguasa Orde Baru yang memimpin Indonesia selama 32 tahun. Soeharto lahir di Kemusuk, Argomulyo, Yogyakarta, 8 Juni 1921 – wafat di Jakarta, 27 Januari 2008 dalam umur 86 tahun.

Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Di tahun 1949 dia berpangkat Letnan Jendral , Soeharto memimpin pasukan TNI melancarkan serangan menguasai kota Yogya selama 6 jam dalam Serangan Umum 1 Maret. Tahun 1965 setelah meletus Gerakan 30 September, dengan bekal Supersemar, Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah pihak yang bertanggung jawab dan memimpin operasi untuk menumpasnya.

Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968 setelah dalam Sidang Istimewa MPR menolak pertanggungjawaban Soekarno. Melalui mesin politiknya yakni Golkar, ia dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998.

Atas nama stabilitas politik, Soeharto memerintah dengan tangan besi. Atas nama pembangunan, orang-orang yang berseberangan dengannya dia berangus. Demikian pula pihak-pihak yang berpotensi menjadi lawan politiknya dia bonsai. Dia juga menempatkan keluarga dan kroni-kroninya di semua lembaga strategis mulai dari jajaran menteri hingga anggota MPR, sehingga praktis seluruh pemerintahan di bawah kendalinya.

Hingga kini banyak tragedi dan kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masa pemerintahannya belum terpecahkan seperti Peristiwa Tanjungpriok, penembakan misterius, Peristiwa Lampung, maupun insiden Santa Cruz.

Meski demikian, harus diakui masa-masa pemerintahannya juga mencatat sejumlah prestasi. Dia berhasil membenahi perekonomian warisan Orde Lama untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi sehingga sempat Indonesia bersama sejumlah negara berkembang dijuluki sebagai Macan Asia. Dia juga berhasil mengurangi jumlah penduduk miskin di Indonesia, memberantas buta huruf melalui wajib belajar, memerbaiki gizi masyarakat melalui program Upaya Perbaikan Gizi Keluarga. Soeharto juga memperoleh penghargaan dari FAO setelah Indonesia mencapai swasembada beras. Di kancah percaturan internasional Soeharto juga disegani melalui perannya di Gerakan Non-Blok maupun perannya sebagai mediator di berbagai konflik-konflik bersenjata.

Pada tahun 1998, sebagai dampak dari krisis ekonomi global yang juga melanda Indonesia masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya Kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. Soeharto kemudian digantikan oleh B.J. Habibie.

Soeharto menikah dengan Siti Hartinah dan dikaruniai enam anak, yaitu Siti Hardijanti Rukmana, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi, Hutomo Mandala Putra, dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Hingga akhir hayatnya, Soeharto tetap mewariskan sejumlah kontroversi, termasuk di manakah rakyat Indonesia akan menempatkan dirinya. Sebagai pahlawan yang telah membawa Indonesia mencapai kemajuan, ataukah sebagai penjahat karena keterlibatannya atas sejumlah kasus berdarah, hingga dia yang membawa Indonesia berkubang dalam hutang.

106 komentar:

Anonim mengatakan...

apapun yang sudah dilakukannya, kemanan cukup terjamin bagi yang tidak neko2. SARA juga terkendali, tidak seperti sekarang..

attayaya mengatakan...

dulu kok rasanya adem ayem gitu ya
sekarang rusuh banget

Unknown mengatakan...

dibalik kekurangannya terdapat kelebihannya ya.

suwung mengatakan...

darah itu merah jenderal (lho kok kayak pilem ya?)

Anonim mengatakan...

saya mengejar pak Harto, dari sejak SD sampai ke makamnya.

JO mengatakan...

bagaimanapun juga beliau adalah bapak pembangunan indonesia..

Unknown mengatakan...

Saya sudah baca Biografi karangan OG Roeder pas SMP

Yaa masing masing orang ada kelebihan ada kekurangannya, bagaimanapun beliau sudah berbuat. Masalah baik buruk Beliau sekarang yang lebih tahu (karena harus mempertanggungjawabkan di yaumil akhir)

buwel mengatakan...

mikul duwur mendhem jero ya....

marsudiyanto mengatakan...

Saya suka Suharto karena banyak kenalan saya namanya Suharto

mr copast mengatakan...

Pernah baca buku Confession of Economic Hitman oleh John Perkins? Bila belum saya kutip ulasannya oleh Kwik Kian Gie dari Bisnis Indonesia:

Beberapa hari terakhir ini beredar dokumen lima halaman berjudul Transkrip wawancara dengan John Perkins, mantan anggota perusak ekonomi (Economic Hit Men). Dokumen itu diterjemahkan oleh Setyo Budiantoro dari wawancara John Perkins dengan kantor berita Democracy Now, AS.

Dua hari lalu penulis membeli buku John Perkins yang berjudul Confessions of an Economic Hit Man. Buku ini diterbitkan pada 2004 oleh Berret-Koehler Publishers, Inc. San Francisco. Penulis baru membaca buku ini sampai halaman 70 dari total 225 halaman. Tanpa komentar apa pun, dalam artikel ini penulis kemukakan beberapa paragraf yang sangat relevan bagi Indonesia. Paragraf tersebut penulis terjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia.

Pada halaman ix ditulis: "buku ini saya dedikasikan kepada dua orang presiden dari dua negara yang pernah menjadi client saya. Mereka sangat saya hormati dan selalu saya kenang dalam semangat persaudaraan, yaitu Jaime Rold?s, presiden Ecuador, dan Omar Torrijos, presiden Panama . Kedua-duanya baru meninggal dunia dalam tabrakan (crash) yang sangat mengerikan. Kematian mereka bukan karena kecelakaan. Kedua presiden ini dibunuh karena mereka menentang 'persaudaraan' (fraternity) dengan para pimpinan dari dunia korporasi, pemerintah, dan perbankan yang tujuannya membentuk kerajaan (empire) dunia. Kami (EHMs-singkatan dari Economic Hit Man) gagal membawa Rold?s dan Torrijos mengikuti perintah-perintah (to get them around) sang penguasa, dan hit men jenis lain, yaitu para penjagal CIA yang selalu di belakang kami mengambil alih (stepped in)."

"Saya selalu berhasil diyakinkan tidak menulis buku ini. Selama dua puluh tahun terakhir saya mulai menulis buku ini empat kali. Setiap kali saya didorong untuk menulis oleh kejadian-kejadian yang penting, yaitu invasi oleh Amerika Serikat ke Panama pada 1989, Perang Teluk pertama, Somalia , dan bangkitnya Osama bin Laden."

"Pada 2003, presiden dari sebuah perusahaan penerbit besar menolak menerbitkan buku saya ini, karena dia tidak dapat menanggung (afford) amarah dan penentangan oleh markas besar organisasi-organisasi dunia. Dia menganjurkan saya agar membuatnya seolah-olah fiktif, seperti gayanya John le Carr? atau Graham Greene."

Jangan khawatir

Di halaman x: "Apa yang akhirnya membuat saya menyingkirkan ancaman dan sogokan supaya tidak menulis?" Ini dijawabnya sendiri: "jawab yang singkat adalah anak tunggal saya, Jessica, yang sudah lulus uni-versitas dan mempunyai kehidupan sendiri. Setelah membicarakan rencana saya menerbitkan buku ini beserta berbagai ancamannya, Jessica mengatakan "Jangan khawatir ayah, kalau mereka membunuhmu [get you], saya akan melanjutkannya dari yang engkau tinggalkan. Kami perlu melakukannya untuk cucu-cucumu yang saya harap suatu hari akan saya berikan kepadamu."

Pada halaman 12 ditulis: "Saya hanya mengetahui bahwa penugasan sebenarnya yang pertama buat saya adalah Indonesia. Saya akan menjadi bagian dari dua belas orang yang dikirimkan untuk membuat sebuah rencana strategi energi (to create a master energy plan) untuk pulau Jawa."

"Saya tahu bahwa dari saya diharapkan menghasilkan sebuah model ekonometrik untuk Indonesia dan Jawa, dan saya memutuskan bahwa saya juga bisa mulai membuatnya untuk Kuwait."

"... Saya menemukan bahwa statistik dapat dimanipulasi untuk menghasilkan berbagai kesimpulan yang dikehendaki oleh sang analis guna memperkuat kesimpulan-kesimpulan yang direkayasanya."

Di halaman 14 Perkins menceritakan dia dipersiapkan oleh Claudine Martin untuk menjadi EHM. Claudine antara lain mengatakan: "Engkau tidak sendirian, kita adalah sekelompok kecil manusia dalam bisnis yang kotor (a rare breed in a dirty business)."
Bangkrutkan negara

Pada halaman 13: "Claudine mengatakan saya mempunyai dua tujuan penting. Pertama, saya harus membenarkan (justify) kredit dari dunia internasional yang sangat besar jumlahnya, yang akan disalurkan melalui MAIN dan perusahaan AS lainnya (seperti Bechtel, Halliburton, Stone & Webster) melalui proyek engineering dan konstruksi raksasa. Kedua, saya harus bekerja untuk membangkrutkan negara-negara penerima pinjaman raksasa tersebut (tentu setelah mereka membayar MAIN dan kontraktor AS lainnya), sehingga mereka untuk selamanya akan dicengkeram (beholden) oleh para kreditornya. Dengan demikian, negara-negara penerima utang itu akan menjadi target yang mudah ketika kita memerlukan yang kita kehendaki (favors), seperti pangakalan militer, suaranya di PBB, atau akses pada minyak dan sumber daya alam lainnya)."

"Faktor yang kritis dalam semua kasus adalah Produk Domestik Bruto. Proyek-poyek yang berdampak pada PDB yang tertinggi harus dimenangkan. Kalau pun hanya satu proyek yang menjadi pertimbangan, saya harus mampu menunjukkan (demonstrate) bahwa pembangunannya akan menghasilkan GNP yang superior."

Halaman 15 akhir dilanjutkan di halaman 16: "... tujuan membangun proyekproyek tersebut ialah menciptakan laba sangat besar untuk para kontraktornya, dan membuat bahagia sekelompok kecil elit dari bangsa penerima utang luar negeri, sambil memastikan ketergantungan keuangan yang langgeng (long term). Dan karena itu menciptakan kesetiaan politik dari negara-negara target di dunia."

Sengsarakan rakyat

"Semakin besar jumlah utang luar negerinya semakin baik. Kenyataan bahwa beban utang yang akan dikenakan pada negara-negara penerima akan menyengsarakan (deprive) rakyatnya yang termiskin di bidang kesehatan, pendidikan dan pelayanan sosial lainnya untuk puluhan tahun lamanya tidak perlu menjadi pertimbangan."

"Claudine dan saya mendiskusikan secara terbuka karakteristik dari GNP. GNP akan meningkat walau hanya membuat kaya satu orang saja. Misalnya, satu orang yang memenangkan pembangunan perusahaan uitility, meski mayoritas rakyatnya disengsarakan oleh utang pemerintahnya. Dari segi statistik, ini akan tercatat sebagai kemajuan ekonomi."

"Engkau harus menghasilkan prakiraan yang optimistis tentang ekonominya, bagaimana akan berkembang seperti jamur setelah selesainya pembangunan pembangkit listrik beserta jaringan transmisinya."

Pada halaman 17 ditulis: "Saya mengingatkan Claudine bahwa Tim MAIN yang akan dikirimkan ke Jawa termasuk sepuluh orang lainnya. Saya menanyakan apakah mereka menerima training yang sama seperti yang saya peroleh darinya. Claudine meyakinkan saya mereka tidak tahu apa-apa, sambil mengatakan "mereka adalah para insinyur yang membuat design pembangkit listrik, transmisi dan jaringan distribusinya serta pelabuhan laut dan jalan raya yang membawa bahan bakar minyaknya. Prakiraanmu yang menentukan besarnya (magnitude) dari sistem yang mereka rancang, dan besarnya utang. Jadi, engkau adalah kuncinya." Claudine mengatakan kepada saya: "Kami kelompok sangat kecil yang dibayar sangat mahal untuk menipu (cheat) negara-negara di seluruh dunia dengan jumlah uang miliaran dolar AS."

Di halaman 18 dikatakan: "Claudine menceriterakan sepanjang sejarah, empires dibangun atas kekuatan militer atau ancaman oleh kekuatan militer. Tetapi pada akhir Perang Dunia II, dengan bangkitnya Uni Soviet, dan dengan ancaman kehancuran oleh nuklir (nuclear holocaust), pendekatan militer terlampau berisiko."

Pada halaman 18 juga ditulis ketika Inggris minta bantuan AS menjatuhkan Mossadegh karena dia berani melawan British Petroleum, AS memutuskan mengirimkan cucu Presiden Theodore Roosevelt, bernama Kermit Roosevelt, untuk menjatuhkan Mossadegh tanpa pertumpahan darah dan tanpa senjata. Dia melakukannya dengan biaya beberapa juta dolar AS yang dipakainya untuk membiayai keonaran dan demonstrasi besar-besaran oleh rakyat Iran melawan Mossadegh. Sebelumnya Mossadegh dipuja-puji sebagai pembawa demokrasi untuk negaranya, dan majalah Time menobatkannya sebagai man of the year.

Semakin lama semakin seru, terutama kedatangan John Perkins di Indonesia, yang berkantor di PLN Bandung dan seterusnya. Tetapi kolom saya ini habis. Bacalah sendiri bukunya.

rco mengatakan...

kalimat yang paling sederhana adalah Pahlawan juga manusia,

meminjam istilah rocker siapatu waduh lupa deh...

agung mengatakan...

kenapa saya lebih suka jamanya pak harto...malaysia pada waktu itu tidak berani mengakui pulau2 kecil diindonesia...

reni mengatakan...

Aku masih ingat saat aku SD dulu, pernah diminta oleh guru sekolahku bersama seluruh murid lainnya berjajar di pinggir jalan untuk "menyambut" rombongan Presiden yang "lewat".
Kami disuruh melambai-lambaikan bendera merah putih kecil. Walau saat itu aku tak tahu Presidennya ada di mobil yang mana hehehe..

loly mengatakan...

Bagaimanapun jasanya juga banyak tuk negri kita ini..tapi tetep aja keinget mas, apalagi tragedi semanggi. Salah satu sepupu loly jadi sasaran peluru nyasar..untung nyawanya tertolong..

jimmy mengatakan...

banyak orang yang masih merindukan jaman2 di masa soeharto, karena sekarang hidup makin susah..

Kang Sugeng mengatakan...

Jamannya Pak Harto itu memang aman tertib dan damai. Tp kebebasan kita berbicara terasa di kekang.

Kang Sugeng mengatakan...

Saya orang Sidoharjo Pacitan Mas Jo..,
Pinggir laut.

Kang Sugeng mengatakan...

Saya sudah mengikuti blogmu lho Mas, gantian to yo...
Aku mbok di ikuti.

Gildo Kaldorana mengatakan...

Ya, Soeharto bagus untuk berapa banyak orang, dan tidak bagus untuk yang lain.
Itu biasa, tidak bisa bikin senang semua orang.
Saya tinggal di Jakarta berberapa tahun waktu dia jadi president.
Bagus?Tidak bagus?.Tidak tahu.
Salam kenal dari Barcelona (Spain).
(Di blog saya ada satu widget namanya "Penterjemah", yang kalau pakai bisa "Termejah"

ndop mengatakan...

saya suka sama ilustrasinya gambarnya...

saya dulu juga memuji2 Pak Harto, orangnya kelihatan sabaar banget.. tapi setelah tau kelakuannya, ya.. jadi biasa-biasa saja.. hehehe.. nggak membenci kok...

zee mengatakan...

Saya melihat beliau sebagai orang besar, terlepas dari kesalahan yang sudah dia buat, tetap Pak Harto wajib dihormati karena dia pernah jadi Presiden RI.

Saya suka waktu jamannya Pak Harto, suasana aman tentram. Memang jadi pemimpin itu gak gampang, selalu ada pro kontra. Kita jg belum tentu bisa berbuat seperti apa yang sudah dibuat Pak Harto. Bagi yang pernah disakiti beliau, ya tolong maafkan saja, gak baik dibawa-2 sampai tua dendam itu. Nanti hatinya busuk lho, hehehee...

Anonim mengatakan...

Bagaimanapun juga dia adala mantan Presiden kita yang telah berjasa bagi Indonesia..

Ajeng mengatakan...

Setiap orang pasti punya sisi negatif dan positif. Jadi janganlah kita hanya melihat dari satu sisi saja, karena itu akan menjadilakan kita tidak subyektif..

yenni 'yendoel' mengatakan...

memang banyak salahnya, tapi banyak juga jasanya kok. kenapa negara kita sampai berkubang hutang, faktornya bukan pak harto sendirian saja kok, banyak orang2 yg manfaatin dibalik itu, sehingga negara kita berkubang hutang.

IjoPunkJUtee mengatakan...

Dengan segala pemberitaan miring, tapi kok tetep gak bisa menyingkar beliau sebagai salah satu idola....

Sang JEnderal yang tersenyum, tak dipungkiri telah membuat bangsa ini harum, Bangsa yang disegani para tetangga.....

Danta mengatakan...

Mmmmm saya juga bingung.. saya masih sulit menganggap soeharto sebagai pahlawan atau penjahat

annosmile mengatakan...

tergantung bagaimana kita melihat sisi baik atau sisi buruk
terlepas dari hal diatas
kepemimpinan soeharto telah membawa bangsa indonesia menjadi negara yang maju
walaupun pembangunan hanya terkonsentrasi pada satu daerah saja yang daerah pusat
bangsa indonesia menjadi bangsa yang dihargai oleh negara2 tetangga maupun negara2 dunia
tidak sperti sekarang, bangsa kita ini banyak mendapat tekanan dari luar negeri

kakara mengatakan...

ada kurang ada lebih..
TFS frenz :)

Mau kaos blogger gratis? mengatakan...

Soeharto memang sosok yg kontroversial, setiap orang pasti punya sisi baik dan sisi buruk.

bl@nkster

Anton mengatakan...

Semoga di ampuni segala dosa dan di ringankan didalam kubur ...amiin ...

edylaw mengatakan...

Kalau ingat nama Soeharto jadi teringat film india. dimana seorang penjahat yang berperan jadi anak muda(aktor utama)

Sampai sekarang juga kebenaran supersemar masih menjadi sebuah misteri tersendiri

Pipit Pito mengatakan...

jadi inget jaman saya SD, Pak Harto masih mimpin..

Senoaji mengatakan...

ada yang yoi dan perlu dipelajari ada yang gak yoi yang perlu diadili, nek wis mati piye jal!

JAUHDIMATA mengatakan...

baik ataupun jelek,
soeharto telah mengukir sejarah.
tergantung individu masing-masing untuk mensikapinya.

hryh77 mengatakan...

semuanya pasti ada postif dan negatifnya..

ridu mengatakan...

semua prestasi yg dicapai pada masa pemerintahannya hanyalah ilusi, ya imbasnya adalah sekarang ini,, generasi pembayar hutang

Anonim mengatakan...

setiap perbuatan akan ada balasannya masing-masing. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian

Baladika mengatakan...

wew babe gue nih

esha di birulangit mengatakan...

Saya pernah baca di kolomnya Boediarto Shambazy.....Suharto sangat disegani sebagai pemimpin....Goh choh tok kalau bersalaman dengan pak harto sampai membungkukkan badannya dengan hormat....

Rusa Bawean™ mengatakan...

apa pun alasannya koruptor tetap koruptor
:)

arikaka mengatakan...

sayang saat itu saya masih kecil..

jadi gabisa berpendapat...

kalau baca baca dan dengar dengar serta lihat2 berita seprtinya oihak bangsa luar yang menjerumuskan pa harto ya...

emfajar mengatakan...

walaupun banyak kontroversi terhadapnya,, pak harto tetaplah presiden kita yang jasanya telah banyak untuk tanah air..

~noe~ mengatakan...

kalo dipikir-pikir banyak yg kangen orde baru juga ya :-D

ircham mengatakan...

andaikan diakhir pemerintahan Suharto beliau tidak diturunkan dengan tidak hormat mungkin kisahnya tak akan jadi begini....

bocahiseng mengatakan...

pak harto walau penuh kontroversi tetapi tetaplah berjasa pada indonesia selama ini?

Ravatar mengatakan...

Dengan kekuasaan yg dipegangnya hingga 32 tahun, udah jelas banyak kontroversi tentang sosoknya.
kesalahan dan hutangnya pada bangsa ini emang banyak, tapi kontribusinya juga tidak sedikit

Anonim mengatakan...

Kira jadikan sejarah itu sebagai pengalaman, yang baik kita teruskan dan perbaiki menuju lebih baik, yang jelek ya di tinggalkan dirubah ke yang baik.
Dulu anyem karena paj Harto diktator, sekarang kacau karena menyalah gunakan makna kebebasan.
Yang penting jangan sampai kita jatuh ke lubang yang sama.
Harga mati NKRI....

Mufti AM mengatakan...

Pada masa pak Harto inilah penataran P4 diwajibkan namun hasilnya justru tidak seperti yang diharapkan, KKn justru makin merajalela. Setiap pemimpin bangsa punya plus minusnya masing2...

Anton mengatakan...

Wah kok belum ada yang baru sih .... lagi sibuk ... yaaa

Kabasaran Soultan mengatakan...

Adab yang hidup untuyk yang mati adalah mendoakannya.
Semoga Dia diterima disisinya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Hikmah yang bisa kita ambil adalah ternyata kematian adalah sesuatu yang pasti.

Dinoe mengatakan...

Saya suka suharto..punya kemauan keras dalam memimpin..

attayaya mengatakan...

mantap juga pak harto itu ya
bisa 32 taon bertahan
lha semua diaturnya

fraders mengatakan...

yup...

smilling general...smile that have many mean...

waktu zamannya.. Indonesia prnah jadi macan kecil asia lho... setara kayak hongkong atau korsel...

mbah sangkil mengatakan...

bangsa ini butuh nasionalisme seperti bapak Suharto, yang bereaksi ketika negara kita di injak2 kedaulatannya, Skrg ambalat aja kita di hina dan dilecehkan negara cuma bisa berunding

Denny mengatakan...

Kalo pas beli bensin, kadang teringat zaman orde baru. :D

semua terkendali, walau tidak tau menau dibaliknya.
semoga tenang disana Jenderal.

endar mengatakan...

sekarang banyak sekali teman-taman saya yang rindu dengan suharto, termasuk saya. suharto=teman kerja saya yang sudah pensiun

blog sedekah mengatakan...

entahlah...waktu itu p4 spt wajib hukumnya,,ngapalinnya smpe ndower klo inget pelajaran PMP

TOPNews mengatakan...

ada sisi baik & buruknya memang,,

dulu g ada yg berani komen,,,
sekarang komennnya kebablasen,,smpe pd anarkhi..

reformasi apa repotnasi...

asrul mengatakan...

Sukarno dan Suharto adalah Presiden yang sama sama punya jasa besar terhadap Indonesia, tapi juga punya kesalahan besar yang berakibat buruk pada generasi selanjutnya

Anonim mengatakan...

ambien sale generic ambien ndc - ambien withdrawal death

Anonim mengatakan...

ativan online ativan dosage side effects - ativan side effects muscle spasms

Anonim mengatakan...

ativan for anxiety ativan overdose complications - ativan side effects mayo

Anonim mengatakan...

buy diazepam diazepam 10 mg prodes - buy diazepam online with mastercard

Anonim mengatakan...

buy ativan ativan overdose emedicine - 1mg ativan and alcohol

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam 2mg sleep - diazepam rectal gel dosage

Anonim mengatakan...

ambien pill ambien 10 mg wine - price of generic ambien

Anonim mengatakan...

valium for sale no prescription what is a 5mg valium equivalent to - buy real roche valium

Anonim mengatakan...

buy xanax no prescription cheap xanax + forum - xanax for generalized anxiety disorder gad reviews

Anonim mengatakan...

buy cheap ativan ativan withdrawal shortness breath - ativan overdose amount

Anonim mengatakan...

buy diazepam high dose of diazepam - obat diazepam 2mg

Anonim mengatakan...

buy lorazepam online ativan pictures of pills - lorazepam ativan vs xanax

Anonim mengatakan...

buy diazepam online buy diazepam online no rx - diazepam valium withdrawal

Anonim mengatakan...

carisoprodol does carisoprodol 350 mg contain aspirin - what drug classification is soma

Anonim mengatakan...

order soma soma online pharmacy - can you order soma online

Anonim mengatakan...

soma online soma drug get high - soma side effects long term

Anonim mengatakan...

buy valium in canada buy valium online canada - valium on sale on forums

Anonim mengatakan...

buy valium from india valium effects drivers - valium roche 10mg uk

Anonim mengatakan...

Blogger: dekade80 - Poskan Komentar cheapest prednisone - discount prednisone http://www.ourdailybreadmarket.net/#discount-prednisone

Anonim mengatakan...

InjemizepeLem lorazepam no prescription - buy lorazepam online no prescription http://www.lorazepamonlinesales.com/

Anonim mengatakan...

Express Scripts Drugs prednisone without prescription - prednisolone no prescription http://www.prednisone4sale.com/#prednisolone-no-prescription

Anonim mengatakan...

Passing A Drug Test Toxicology diflucan cost - diflucan for sale http://www.diflucansaleonline.net/#diflucan-for-sale , [url=http://www.diflucansaleonline.net/#diflucan-online ]diflucan online [/url]

Anonim mengatakan...

Depot Medications generic lexapro online - lexapro cost http://www.costoflexaproonline.net/#lexapro-cost , [url=http://www.costoflexaproonline.net/#lexapro-for-sale ]lexapro for sale [/url]

Anonim mengatakan...

Pain Medicine For Immediate Dentures buy sibutramine no prescription - generic sibutramine http://www.meridiaonlineorder.net/#generic-sibutramine , [url=http://www.meridiaonlineorder.net/#cheap-sibutramine ]cheap sibutramine [/url]

Anonim mengatakan...

tmd clomid drug - cheap clomid pills http://www.clomidonlinediscount.net/#clomid-cost, [url=http://www.clomidonlinediscount.net/#clomid-cost]order clomiphene online [/url]

Anonim mengatakan...

3, sumatriptan no prescription - buy sumatriptan no prescription http://www.imitrexonlinebuy.com/#imitrex-sale-online, [url=http://www.imitrexonlinebuy.com/#sumatriptan-no-prescription]imitrex for sale[/url]

Anonim mengatakan...

2, cheap terbinafine - buy terbinafine tablets online http://www.fastlamisilorder.net/index.html, [url=http://www.fastlamisilorder.net/index.html]lamisil online[/url]

Anonim mengatakan...

g, clopidogrel price - cheap plavix 75 mg http://www.plavixonlineorder.com/#cheap-plavix-75-mg , [url=http://www.plavixonlineorder.com/#plavix-drug ]plavix drug [/url]

Anonim mengatakan...

Hi, cheap modafinil - purchase provigil http://mawuyogaangels.com/#provigil-price, [url=http://mawuyogaangels.com/#modafinil-cost]buy generic provigil online no prescription [/url]

Anonim mengatakan...

1, [url=http://www.onlinecelebrexdeal.net/]Cheap Celebrex[/url] - Cheap Celebrex - generic for celebrex http://www.onlinecelebrexdeal.net/.

Anonim mengatakan...

11, [url=http://mediati.org/]Order Carisoprodol[/url] - Buy Soma - purchase soma online http://mediati.org/ .

Anonim mengatakan...

Your currеnt гeport features verified bеneficial to uѕ.
It’ѕ quite helpful and you're clearly very knowledgeable of this type. You have got popped my eyes in order to varying opinion of this particular matter using interesting and reliable content material.
Here is my web site - coisas.janjos.com

Anonim mengatakan...

Yοur curгent repοгt features prοven useful to me.

It’s extremely helpful and you геally are cеrtainly really knοwledgeable οf this
type. Yоu hаve got eхposed my fаce to be able
to variοus oρinion οf thiѕ specific matter
using intеresting and solid articles.
Visit my website ; Buy meridia

Anonim mengatakan...

Your current ωritе-up pгovides verifiеd
benеfіcial to me personallу. ӏt’s vегу еducational аnd
you're simply certainly quite well-informed in this field. You have got opened up our eye in order to various thoughts about this particular topic using intriguing, notable and strong written content.

Look at my page phentermine online
Visit my blog ; phentermine

Anonim mengatakan...

Your report fеatures estаblished nеcesѕary to myѕelf.
It’s very useful and you're simply certainly very knowledgeable in this region. You get exposed our sight for you to numerous thoughts about this specific topic using intriguing and solid written content.

Here is my blog; buy viagra online
Here is my web-site : viagra

Anonim mengatakan...

While you may appropriately acquire the talents of designing, somebody does even now should sew the accoutrements to actualize your technology a reality. This may appropriately blast alarm for bearing a cease with a accoutrements abundance to appraisal the bed-making options for you. This could as well accommodate you with the anticipation to seek advice from beeline accepting a artisan to actualize any alterations and accessory modifications in detail you may appropriately accept overlooked. Your cruise will be as well admittance you to absolutely abridge the commercial amount of bed-making it. The absolutely specific affair apropos the cast casts is its adeptness to angle out by adjustment of the army with its one-of-a-kind architecture & admiration collection. Sizes, colors, styles and prints are abounding & plethoric!The shoes may possibly arise for accepting alone a little cher but you can account the toms wedge cipher to access them on aces discounts. You may abundance the Toms shoes from abundant absolute retail abundance shoe food abreast to the United States, but apparently the a lot of benign as able-bodied as apparently the handiest adjustment to acquirement toms shoes can be to abundance them from an Online.[url=http://www.cheaptomsbuy.com]Cheap Toms[/url] Read on to know some of the facts related to TOMS shoes: Toms For Your Toes [url=http://www.cheaptomssite.com]Cheap Toms[/url] TOMS Shoes accepts the following forms of payment. Please be advised that they do however only accept one form of payment per order. [url=http://www.onlinetomsoutlet.com]Toms Shoes Outlet[/url] Toms Coupons Be Trendy And Help The Needy!
Relate Artcile
http://rsnetmarketingforreal.wordpress.com/?contact-form-id=627&contact-form-sent=1880&_wpnonce=21f901dadd
http://www.blogger.com/comment.g?blogID=7406548151502815518&postID=6510105571634319901&page=1&token=1367160530391

Anonim mengatakan...

Every one of them present old professional that's got produced Lavazza shreded cup of joe an upper tweeze in north america. However ,, might know about have got would be the really being individuals "friend" is greater noteworthy in comparison to what the company "liking" anybody. When you buy kitchen appliances you might splash out on most excellent bargain-priced plus banded appliances really enjoy food processor, fuel stoves, toasters, blenders, grinders, hemp cookers, bottled water chillers, ring finger blenders and other they will have to obtain the very good, trendy, services, dominance, guaranty, warranties, bargain and so on, of course a wide range of products upon outside in demand. A large percentage of annual office employees hours up dip your appropriate food, creations, zumba and at least an individual asking themselves by the living room possessing limb with mistletoe.

Feel free to surf to my homepage :: senseo coffee maker 7832

Anonim mengatakan...

I love reading through a post that can make men and women think.

Also, thank you for allowing for me to comment!

Feel free to surf to my page: http://toasterovenchoices.com/

Anonim mengatakan...

Really do not await health. Other functions player, a number of them
time easily enough. Never imagined Appraisal create. Regardless,
when you buy a suitable GreenStar juicer, also,
it includes "blank" accessory make use of close to some of the display screen.
I have discovered your long lasting suggests just be pureing soups along with salsas, mashing ice cube,
weird sounds your actual seasoning and even pinto and black beans
(impressive supply for people who similar
to night time your cocoa...but in addition pots and
pans linked to espresso, similar to luscious Kona-crusted meal.
..yum!), juicing, emulsifying hand crafted salad wearing
(I personally don't like in case horribly emulsified treatments different leave lots of vegetable oil over the lettuce), designing very good fruit smoothies...and / or more effectively, veggies recall a drink (Method am located shut Margaritaville, so this is a crucial possess opinion!).

Look at my weblog best blender

Anonim mengatakan...

Procuring the citrus fruit juice extractor that may be certainly best for
your needs usually are not that a majority of laborious.
You will not separate elements much more vita mixer can lose
provisions contains itself. You should have to refer to
the manual displayed relating to the e-book and that means you show results the
appliance the right way go for walks . isn't getting old being a result of whatever reason. In addition to parallel items juice extractors that will crushes a new develop or possibly the a single auger those forces pulp appropriate decreased and as a result decreased room, our lessening spool turns is usually repleat in addition to numerous s / s knives, the fact that shred typically the render that may be certainly provided into your technology. Since the device goes instantly on the inside arms, which the KitchenAid is without a doubt moved during the region with more confidence to blend regardless of where you want it toward.

Also visit my web site: smoothie maker reviews

Anonim mengatakan...

A new charge quickly is the best wash diet routine may perhaps accomplish a
reset to you. 3rd, they are naturally healthy. Successful incorporating!
I actually gain benefit from the time that it may take to obtain
ready which the churn out furthermore bacteria-free device.
Which has done 200 replications 1 month designed for quarters after that.


My blog; blender moulinex oveo dd307

SUHARTO mengatakan...

Ada yg saLah tuLis ....


di situ dikatakan pangkat terakhir Suharto Mayor JendraL kmudian jadi presiden ...


Tapi di awaL dikatakan :
"Di tahun 1949 dia berpangkat Letnan Jendral , Soeharto memimpin pasukan TNI melancarkan serangan menguasai kota Yogya selama 6 jam dalam Serangan Umum 1 Maret."


1949 Suharto berpangkat Letnan JendraL ?!!!
Bukane Mayor Jend & Letnan jend itu tinggi LetJend ....

Nyusut donk pangkat Suharto

Anonim mengatakan...

Nonton Bokep HD Jav
Nonton Bokep HD Korea
Nonton Bokep HD Artis Indonesia
Nonton Bokep HD Indonesia
Nonton Bokep HD Pecah Perawan

Alina jones mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Alina jones mengatakan...

It may increase your risk for having a seizure. The tramadol dеtоx to your physician immediately and request guidance if you feel you have an opioid tramadol or call the Find.

Danielangelena mengatakan...

Lots of people experiencing addiction don't understand where to seek out help or the way to recover. It may be due to developmental immaturity. You are curious to know more about detox rehab, click here.

angelenaalessandro mengatakan...

It is important that you know the side effects of Fentanyl and what it can do to you. Fentanyl is a very powerful opiate, that has been used to cut down on overdoses caused by heroin. If you are curious to know more about buy legal opioids, read me.