Sabtu, 15 November 2008

Pembajakan Pesawat Garuda 'Woyla'


Tanggal 28 Maret 1981, langit Jakarta biru bersih. Cuaca juga cerah, hampir tak ada awan yang menutupi. Lalu terdengar suara bening yang mempersilahkan penumpang untuk mengenakan safety belt, pesawat akan segera mengudara.

Sungguh tak ada yang menduga, hari yang naas itu pesawat DC-9 " Woyla " milik Garuda Indonesian Airways yang dikemudikan oleh Captain Herman Rante terbang dari Jakarta menuju Medan. Namun dalam penerbangan, pesawat tersebut dibajak oleh 5 orang teroris yang berasal dari kelompok Komando Jihad.

Para teroris menuntut kepada pemerintah untuk membebaskan sejumlah tahanan dari Peristiwa Cicendo 11 Maret 1981, Teror Warman serta Kasus Komando Jihad serta meminta tuntutan tambahan berupa uang sebesar 1,5 juta dollar AS. Mereka juga meminta pesawat untuk pembebasan tahanan, untuk diterbangkan ke suatu tempat yang dirahasiakan. Para teroris yang seluruhnya bersenjata api itu juga mengancam jika tuntutan itu tidak dipenuhi akan meledakkan Woyla dan seluruh penumpangnya. Mereka telah menanam bom di pesawat.

Teroris juga memerintahkan pilot untuk terbang ke Colombo, Srilangka, namun pilot berkata bahwa pesawat tersebut tidak memiliki cukup bahan bakar, sehingga pesawat harus dialihkan ke Penang, Malaysia untuk mengisi bahan bakar. Setelah mengisi bahan bakar, kemudian pesawat diterbangkan kembali menuju Bandara Don Muang, Bangkok.
Menghadapi keinginan tersebut, TNI dan Pemerintah tidak menyerah. Melalui berbagai upaya diplomasi dengan pembajak juga Pemerintah Thailand, Kabakin dan Letjen LB. Moerdani berhasil mengulur waktu dan mendapat ijin dari Pemerintah Thailand.

Pukul 02.30 pada tanggal 31 Maret, 30 Prajurit Kopassandha TNI AD (Korp pasukan sandhi Yudha) yang kini bernama Kopassus di bawah Komandan Letnan Kolonel Infanteri Sintong Panjaitan mendekati Woyla secara diam-diam. Pada Selasa dini hari pukul 02.45 WIB seluruh pintu pesawat Woyla didobrak 30 prajurit Kopassandha dan dapat melumpuhkan 3 pembajak dan 2 luka parah. Sementara para penumpang semuanya berhasil diselamatkan tanpa ada satupun yang terluka. Atas prestasi tersebut, Presiden Soeharto menganugerahkan Bintang Sakti kepada 30 prajurit anti teror dan kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat. (berbagai sumber).

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Keberhasilan pasukan RI tersebut Kopasus disegani satuan pasukan khusus di seluruh dunia.

Anonim mengatakan...

menarik :D

joe mengatakan...

Untuk Bung Aldi
Sebelum tersandung kasus penculikan aktivis di tahun 1998-an, prestasi Kopassus memang patut dibanggakan. Bahkan ada yang mengakui bahwa Kopassus kemampuannya setara dengan SAS Inggris, Mossad Israel dan Delta Force-nya USA.
Salam

fidel mengatakan...

wah ternyata hebat juga ya...

nindy mengatakan...

wah, jaman dulu garuda sponsornya petronas ya...

Anonim mengatakan...

Salam kepada semua,
Seorang dari ahli keluarga saya adalah "negotiator" di Pulau Pinang yang berjaya berunding dengan pengganas sehingga semua penumpang berjaya dibebaskan sebelum pesawat berlepas ke Thailand. Beliau juga masih ingat kata-kata akhir juruterbang sebelum pesawat meninggalkan ruang udara Malaysia.

Anonim mengatakan...

yakin nih bukan nya ada unsur politik? yakin ngak ada jebakan nya?
menurut info, kalau semua pembajak, meninggal, tapi berdasarkan video yang pernah di tayangkan tv one, setelah keluar dari pesawat, ada nya tembakan... semua masih misteri