Jumat, 12 Desember 2008

Berpacu Dalam Melodi


Satu bulan kita berpisah, satu bulan usia kita bertambah. Itu adalah sapaan khasnya setiap kali dia menyapa penggemarnya. Koes Hendratmo. Selalu tampil dengan ciri khasnya yang flamboyant, mengenakan setelan rapi, dengan rambut berjambul dan berwarna-warni. Tidak lupa guyonan segar juga menjadi khas penyanyi yang fasih menirukan suara penyanyi tenar, dari Tom Jones hingga Johnny Mathis itu.

Berpacu Dalam Melodi, acara kuis populer ini pernah ditayangkan TVRI tahun 1989-1999. Kuis ini tidak pelak lagi adalah lahir karena tangan dingin Ani Sumadi. Menyebut nama itu, dia adalah Ratu Kuis Indonesia, dialah peletak dasar kuis televisi di Indonesia. Banyak kuis yang lahir dari tangan perempuan kelahiran Aceh, 18 Mei 1939 yang mengawali karirnya di TVRI sebagai pembawa acara sekaligus reporter pada 1959. Sebut saja Aksara Bermaka kuis tentang pengetahuan umum, Berpacu dalam Melodi, Gita Remaja acara kuis musik untuk remaja yang dengan pembawa acara Tantowi Yahya, serta kuis Tak Tik Boom yang ditayangkan di RCTI di tahun 1990-an. Helmy Yahya adalah salah satu anak buahnya yangkemudian sukses mengikuti jejaknya.

Tentang Berpacu Dalam Melodi, adalah kuis yang menguji pengetahuan wawasan peserta tentang lagu dengan menggunakan musik hidup yang dimainkan oleh Ireng Maulana All Stars sebagai band pengiring. Yaitu pengetahuan peserta tentang judul lagu, pencipta, penyanyi yang mempopulerkan lagu tersebut, hingga cerita di balik lagu tersebut. Mulai dari lagu Indonesia hingga mancanegara, bahkan lagu daerah.

Kuis ini dibagi dalam 5 babak yang masing-masing mempunyai aturan sendiri. Peserta yang menjawab dengan benar mendapat nilai sedangkan yang salah mendapat hukuman pengurangan nilai. Selanjutnya pemenang adalah peserta dengan akumulasi nilai terbanyak. Dari Pelangi Antarnusa yang menguji pengetahuan tentang lagu-lagu daerah, hingga Sekilas Wajah yang menampilkan potongan-potongan wajah orang terkenal.

Selain Koes Hendratmo yang memandu kuis ini di tahun 1989-1997, tercatat Broery Marantika juga pernah menjadi pembawa acara Berpacu Dalam Melodi (1998), juga Idang Rasjidi (1999). Di tahun 2000-an kuis ini juga pernah ditayangkan di Metro TV dengan format yang baru, tentunya masih mengajak Koes Hendratmo sebagai ikonnya.

5 komentar:

omiyan mengatakan...

dulu ini adalah acara yang selalu saya tunggu, soalnya ga ada lagi staisun TV saat itu hehehe

joe mengatakan...

Kalau saya paling suka segmen 'sekilas wajah', soale bikin penasaran. Buat tebak-tebakan dengan keluarga...
Thanks telah mampir. Salam

one stop blogging mengatakan...

Coba sekarang dibuat lagi acara kuis semacam itu...

yenni 'yendoel' mengatakan...

wah, ini termasuk acara favorit jadul! cuman suka sebel nungguin si koes nyelesaiin kalimat "berpacu dalam melodi"

Anonim mengatakan...

dan hadiahnya adalah '' kiranya bakso ternyata tv sony'' slam kenal semua