Minggu, 21 Desember 2008

Tahun Baru di TVRI

Musim hujan masih panjang tapi Desember segera cepat berlalu dan menjadi hari baru di bulan dan tahun yang baru. Tahun bertambah, usia manusia pun semakin berkurang, kalender segera diturunkan dan diganti. Esok matahari terbit dengan cerita yang berbeda.

Seperti halnya di belahan dunia lain, malam pergantian tahun baru juga segera dirayakan di Indonesia dengan segenap antusiasme yang berbeda. Ada yang merayakan dengan berlibur ke tempat hiburan, atau sekedar berkumpul di jalanan meniup terompet, memberi rejeki kepada para penjual musiman, berhura-hura berkeliling kota bersama teman menghabiskan sisa malam. Atau mungkin hanya duduk-duduk di rumah, berkumpul bersama keluarga tercinta, bersama secangkir teh dan kue kecil.

Bagi yang ingin melewatkan malam pergantian tahun dari ruang keluarga, TVRI sebagai satu-satunya televisi waktu itu, juga punya acara khusus menyambut tahun baru untuk para pemirsa. Biasanya beberapa hari sebelum malam yang ditunggu tiba, ritual dimulai dengan acara Kaleidoskop Dalam Negeri yang memutar kilas balik peristiwa-peristiwa dalam negeri selama setahun yang akan segera ditinggalkan. Kemudian Kaleidoskop Olahraga yang berisi laporan peristiwa olahraga nasional dan internasional, serta Kaleidoskop Luar Negeri tentang rangkuman peristiwa dari berbagai penjuru dunia.

Dengan tajuk Selamat Tinggal Tahun 198x Selamat Datang Tahun 198x (tergantung tahunnya), TVRI menyuguhkan acara variety show yang langsung disiarkan dari Studio TVRI di Senayan, juga karena kontribusi stasiun-stasiun produksi daerah di seluruh tanah air. Menampilkan artis-artis ibukota yang sedang terkenal dan diselingi oleh artis-artis daerah, juga para pelawak tidak ketinggalan untuk menyegarkan suasana.

Kemudian menjelang pukul 22.00 dilakukan siarang langsung countdown detik-detik tahun baru dari wilayah Indonesia bagian timur, dan seterusnya sampai di wilayah Indonesia bagian barat. Lalu tahun baru betul-betul datang. Selanjutnya acara ditutup dengan pergelaran wayang orang sampai menjelang dini hari.

Kemudian pagi hari segera tiba, orang saling berjabat tangan dan berucap: Selamat Tahun Baru.

2 komentar:

aGHi mengatakan...

Ass wr wb ..
salam knal yuv ..
nice bgt blog nya ..
keren ..
maen juga ke ..
http://aghi182.wordpress.com
ditunggu yuv kunjungannya ..
thx ..

http://aghi182.wordpress.com

joe mengatakan...

Wsl. Salam kenal juga bro. Keep writing ya....
Thanks