Rabu, 03 Juli 2013

Dunia Dalam Berita di TVRI

Dunia Dalam Berita adalah salah satu acara TVRI yang fenomenal di tahun 1980-an, di samping program-program lain seperti Aneka Ria Safari, Berpacu Dalam Melodi dan lainnya. Ini adalah acara yang mewartakan semua kejadian di seluruh dunia, termasuk olahraga dengan durasi 30 menit, dan tentu saja tanpa iklan. Di menit-menit terakhir juga disajikan perakiran cuaca di beberapa kota besar dunia.

Program ini pertama kali dimulai pada tahun 1974 dengan judul Berita Dunia TVRI merupakan ide Drs. H. Subrata, M.H yang memulai karir sebagai reporter sekaligus kameramen sejak tahun 1966 hingga diangkat menjadi Direktur Televisi pada tahun1980-1983. Ketika televisi swasta mulai bermunculan di Indonesia pemerintah lalu mewajibkan seluruh tv swasta tersebut untuk merelay Dunia Dalam Berita tersebut. Dan ketika pemerintahan Presiden Soeharto jatuh, seiring dengan era reformasi, maka tv swasta tak lagi merelay siaran berita tersebut dan memilih menyiarkan berita dari stasiunnya sendiri.

Selanjutnya TVRI masih tetap menyiarkan Dunia Dalam Berita meski tanpa di-rellay oleh tv swasta. Namun acara tersebut berakhir pada tanggal 31 Desember 2008 karena buruknya rating seiring dengan era keterbukaan, sehingga pemirsa lebih mempercayai informasi dari televisi swasta daripada siaran berita dari tv pemerintah, apalagi juga kemudian bermunculan tv swasta yang mengkhususkan pada acara news yang lebih up to date.

Beberapa pembaca berita yang menghiasi acara tersebut antara lain: Yasir Denhas, Anita Rachman, Yan Partawidjaja, Inke Maris, Poppy E.J.Tiendas, Max Sopacua, Usi Karundeng, Dana Iswara, Adolf Posumah, Ria Prihatini Moerdani. Begitu fenomenal acara tersebut bahkan Oetje F Tekol  menciptakan lagu dengan judul Dunia Dalam Berita yang dilantukan oleh Gito Rollies bersama The Rollies.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

lewat dunia dalam berita, kabar tentang jatuhnya uni sovyet, runtuhnya tembok berlin, perang afghanistan, kita bisa ketahui, dekade 80 an bukan cuma menyimpan cerita nasional tapi juga cerita dunia internasional yang spektakuler

Anonim mengatakan...

Tahun 80 an ada gak ya acara di tv pas sahur atau buka puasa

PRofijo mengatakan...

Jsam 9 malem! waktunya tidur kala itu :) besok sekolah

Yogi Marsahala mengatakan...

Sayang sebetulnya acara itu sampai punah. Jika dikelola dengan jujur, bukan untuk kepentingan salahsatu pihak yg berpolitik, acara ini lebih baik / informatif dari setting tv yg kadang sok kritis.

Anonim mengatakan...

Yasir Denhas suaranya keren membawakan dunia dalam berita dengan wajah dinginnya

sarilah mengatakan...

salah satu acara tv favoritku waktu kecil kang.

social bookmark mengatakan...

sekarang masih ada tidak ya acara ini di tvri?

Anonim mengatakan...

Ada yg tahu judul instrumen pembuka dunia dalam berita orba?

BertuahPos.Com mengatakan...

wah..kangen acara tv jaman dulu TVRI. waktu itu punya tv hitam putih..